Sekda Kaltara Wakili Gubernur Buka MTQ Ke-6

Foto : Diskominfo Kaltara

Tanjung Selor-Pemerintah Provinsi Kalimantan Utara (Kaltara) bersama dengan Kementerian Agama selenggarakan Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) ke-6 Tingkat Provinsi Kaltara tahun 2021.

Kegiatan ini berlangsung di Ruang Serbaguna Gedung Gabungan Dinas pada Senin, (14/6) dengan tujuan untuk menciptakan masyarakat yang beragama serta berjiwa Qur’ani dan sejajar dengan pemerintah melalui visi Gubernur dan Wakil Gubernur Kaltara, yakni Berubah, Maju, dan Sejahtera.

Mengawali acara ini, Gubernur Zainal A. Paliwang diwakili oleh Sekretaris Daerah Provinsi Kaltara Suriansyah melantik Dewan Pengawas, Dewan Hakim, dan Panitera MTQ ke-6 Tingkat Provinsi Kaltara.

“Saya atas nama Gubernur Kalimantan Utara melantik saudara-saudara sebagai Dewan Pengawas, Dewan Hakim, dan Panitera pada MTQ ke-6 tingkat Provinsi Kaltara tahun 2021 berdasarkan Keputusan Gubernur Nomor 188.44/K.422/2021 tentang penetapan Dewan Pengawas, Dewan Hakim, dan Panitera pada MTQ ke-6 tingkat Provinsi Kaltara tahun 2021,” ujar Suriansyah sebelum melakukan penyematan jubah secara simbolis.

Ia berharap agar para dewan yang telah dilantik dapat memberikan penilaian secara jujur, tertib, cermat, dan bertanggung jawab kepada para peserta di masing-masing kategori.

“MTQ merupakan agenda tahunan yang sudah melekat dengan masyarakat dan bangsa kita. Setiap event penyelenggaran MTQ seperti sekarang sepatutnya kita senantiasa memperbarui dan memantapkan niat bahwa menyelenggarakan MTQ ini bertujuan untuk ibadah,” jelas Suriansyah pada sambutan tersebut.

Menurutnya, peserta pada acara MTQ merupakan pemuda-pemudi terbaik Bumi Benuanta. Suriansyah berharap generasi muda ini berkompetisi dan bersaing secara sehat untuk mengharumkan Provinsi Kaltara di ranah nasional nantinya.

Selain itu, Datu Iqro Ramadhan selaku Ketua Lembaga Pengembangan Tilawatil Qur’an (LPTQ) yang berada di bawah Kementerian Agama Provinsi Kaltara menyampaikan bahwa acara MTQ yang berlangsung secara daring ini dihadiri oleh masing-masing bupati dari lima kabupaten/kota di Kaltara yang telah mengirimkan putra-putri terbaiknya.

“Peserta MTQ terdiri dari 52 peserta asal Kota Tarakan, Kabupaten Tanah Tidung sebanyak 48 peserta, Kabupaten Malinau 45 peserta, Kabupaten Nunukan 47 peserta, dan Kabupaten Bulungan sebanyak 50. Jumlah keseluruhan peserta adalah 242 peserta dan telah lulus verifikasi,” sebutnya.

Selain itu Datu Iqro juga menyampaikan bahwa LPTQ sebaiknya tidak hanya bergantung kepada dana hibah dari pemerintah karena dana hibah juga dapat diterima dari perusahaan milik swasta serta bantuan sukarela yang tidak mengikat. (@Diskominfo Kaltara)

Comments (0)
Add Comment