Rajawali Kaltara
Rajawalikaltara.com dengan semangat baru, ingin menyajikan informasi-informasi lugas, terpercaya serta lebih akrab dengan masyarakat Kaltara.

Kemah Bela Negara Nasional Bakal Diikuti 2 Ribuan Peserta

0 597

TANJUNG SELOR, rajawalikaltara.com – Dipimpin Gubernur Kalimantan Utara (Kaltara) H Irianto Lambrie dan Kapolda Kaltara Brigjend Pol. Indrajit, Kamis (19/4) digelar rapat persiapan pelaksanaan Kemah Bela Negara Tingkat Nasional I di Sebatik, Nunukan awal Mei mendatang.

Mengawali pertemuan yang dilangsungkan di Ruang Rapat Lantai I Kantor Gubernur ini, Irianto memberikan apresiasi dan optimis Kaltara mampu menyelanggarakan event nasional ini dengan sukses. “Saya sudah berkali-kali ke Nunukan dan Sebatik. Jadi, sedikit banyak tahu karakter masyarakat di sana. Insya Allah kegiatan ini bakal sukses,” ujarnya.

Gubernur pun mengimbau kepada jajaran pemerintah daerah, baik Pemprov Kaltara maupun Pemerintah Kabupaten Nunukan agar all out mempersiapkan kegiatan ini. Kedua pemerintah daerah juga harus kompak. Sebagai provinsi baru, dengan segala keterbatasan, Gubernur tetap optimis bisa menjalankan event ini. Apalagi dengan dukungan penuh dari masyarakat.

Beberapa sektor harus dipersiapkan secara maksimal. Salah satunya transporstasi. Gubernur meminta kepada seluruh jajaran terkait, khususnya Dinas Perhubungan (Dishub) baik Dishub Provinsi maupun Kabupaten harus mengkoordinir. Gubernur juga telah berkoordinasi dengan Kapolda terkait dengan pengamanan kedatangan Wakil Presiden (Wapres) RI yang dijadwalkan membuka kegiatan tersebut.

Sementara itu, menurut informasi dari Ketua Harian Kwarda Pramuka Kaltara Herwansyah, Kemah Bela Negara tingkat Nasional digelar pada 2 hingga 7 Mei 2018. Dengan estimasi jumlah peserta perkemahan sebanyak 2.174 orang. Terdiri dari 1.056 Pramuka Penegak dan Pandega se-Indonesia, 320 peserta Pramuka se-Kaltara, 198 pimpinan kontingen dan pendukung, 250 panitia penyelenggara serta panitia pelaksana, 150 sangga kerja dan 200 masyarakat pendukung.

Direncanakan peserta perkemahan akan tinggal di rumah warga sekitar. Selain dijadwalkan bakal dibuka Wapres, dalam kegiatan ini juga akan dihadiri beberapa Menteri Kabinet Kerja. Di antaranya Menteri Pertahanan (Menhan) Ryamizard Ryacudu, Menteri Sosial (Mensos) Idrus Marham, Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo dan Menteri Koordinator Maritim, Luhut B Panjaitan. Irianto menambahkan, selain transportasi, sektor lain yang perlu dipersiapkan adalah kesehatan, keamanan, hingga MCK (Mandi, Cuci dan Kakus).

Untuk mendukung fasilitas ini, Pemprov melalui Dinas Pekerjaan Umum, Penataan Ruang, Perumahan dan Kawasan Permukiman (DPUPR-Perkim) telah menyiapkan 30 unit MCK untuk peserta putra dan putri. Selain itu, juga akan disiapkan tempat menampungan air (profiltank) sebanyak 7 unit.(humas)

Comments
Loading...