Rajawali Kaltara
Rajawalikaltara.com dengan semangat baru, ingin menyajikan informasi-informasi lugas, terpercaya serta lebih akrab dengan masyarakat Kaltara.

Gubernur Kembali Ingatkan Serapan Anggaran

0 24

TANJUNG SELOR, rajawalikaltara.com – Gubernur Kalimantan Utara (Kaltara) Dr H Irianto Lambrie kembali mengingatkan kepada seluruh kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dan Biro di lingkup Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kaltara, terkait daya serap anggaran yang masih rendah. Penekanan ini, disampaikan Gubernur saat memimpin rapat staf bersama para kepala OPD dan Biro di lingkup Pemprov Kaltara, Rabu (28/11) kemarin.

“Laporan dari BPKAD (Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah) hingga 28 November realisasi anggaran belanja baru 59,78 persen. Sementara realisasi pendapatan 86,02 persen. Ada OPD yang daya serapnya sudah cukup tinggi, tapi ada juga yang masih rendah. Bahkan masih ada yang di bawah 50 persen,” ungkap Gubernur.

Di sisa waktu yang tinggal sebulan lagi ini, secara tegas Gubernur minta kepada seluruh OPD, terutama yang daya serapnya masih rendah untuk menggenjot realisasinya. “Saya juga minta semua OPD membuat prediksi atau perkiraan realisasi hingga akhir tahun secara tertulis, berikut berapa SILPA-nya. Paling lambat diserahkan ke saya melalui TU Pimpinan dua hari ke depan,” ujar Irianto.

Selain soal realisasi anggaran, dalam rapat staf tersebut juga dibahas mengenai agenda kegiatan Pemprov dalam sepekan ke depan. Di antaranya, Upacara HUT Korpri yang dirangkai dengan HUT PGRI atau Hari Guru, Kamis (29/11). Kemudian ada pertemuan dengan BPK RI di Tarakan.

Agenda lainnya, adalah pertemuan terkait lahan kawasan industri di Kementerian Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Negara (ATR/BPN) di Jakarta pada 30 November dan undangan menjadi pemateri untuk para alumni Menwa di Kodam VI/Mulawarman. “Kita juga rencanakan untuk melakukan pertemuan dengan 12 kementerian, menindaklanjuti Inpres Nomor 9 Tahun 2018, tentang percepatan pembangunan Kota Baru Mandiri Tanjung Selor. Terkait hal ini, saya minta kepala OPD bisa mengagendakannya. Kalau bisa cukup kepala OPD, akan lebih bagus lagi. Kecuali memang dengan Menteri, nanti Gubernur yang pimpin pertemuannya,” kata Irianto.

Dalam kesempatan itu, Gubernur juga memberikan banyak arahan kepada para kepala OPD. Gubernur menginginkan seluruh OPD bekerja lebih keras lagi. Meski sudah banyak capaian yang diraih. “Kerja ikhlas, dengan penuh tanggung jawab. Dan jangan lupa selalu bersyukur dengan apa yang sudah kita raih,” tutup Gubernur.(humas)

Comments
Loading...