Rajawali Kaltara
Rajawalikaltara.com dengan semangat baru, ingin menyajikan informasi-informasi lugas, terpercaya serta lebih akrab dengan masyarakat Kaltara.

Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Tana Tidung Gelar KOSN Tahun 2021

0 108
Foto : Spesial
Tanatidung – Dalam rangka menumbuh kembangkan minat dan bakat peserta didik berbasis penguatan karakter seperti sikap kemandirian, sportivitas dan kompetitif, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Tana Tidung terus berupaya meningkatkan sumberdaya kompetensi peserta didik dengan melaksanakan kegiatan Kompetisi Olahraga Siswa Nasional (KOSN) jenjang SD dan SMP tingkat Kabupaten Tana Tidung Tahun 2021 di Gedung Serba Guna SMP/SMA Terpadu Unggulan Tana Tidung. Adapun tema yang diusung oleh kemdikbud tahun ini adalah “Melejitkan Talenta Prestasi Olahraga Peserta Didik Untuk Indonesia Pulih“ (Jumat, 23 Juli 2021).
Dengan ditandai pemukulan gong kegiatan tersebut secara resmi dibuka oleh Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan KTT Jafar Sidik, SE yang pada kesempatan ini diwakili oleh Kabid Pembinaan Pendidikan Dasar Irdiansyah, S.Sos.,MM.
Dalam sambutannya, Irdiansyah mengatakan “kegiatan seleksi ini tidak jauh berubah dari tahun-tahun sebelumnya, yang membedakan dimasa pandemik ini seleksinya lebih mengutamakan dalam jaringan dan menyesuaikan kondisi daerah Kabupaten Tana Tidung.
Namun tahun ini kita bisa melaksanakan seleksi langsung tatap muka di Tingkat Kabupaten dengan harapan kegiatan ini bisa menjadi wahana strategis untuk membentuk generasi yang mencintai olahraga, dapat mengembangkan daya nalar, kreativitas dan kemampuan berfikir kritis sehingga pada saatnya nanti mereka tumbuh dan menjadi generasi berkepribadian kokoh, kompetitif dan mandiri serta dapat memotivasi peserta didik untuk meningkatkan kemampuan spiritual, emosional, intelektual berdasarkan norma dan tata nilai yang baik”, ujar Irdiansyah.
Cabang olahraga yang dipertandingan pada KOSN Pendidikan Dasar tahun 2021 terdiri atas Pencak Silat Jurus Tunggal Putra dan Jurus Tunggal Putri, Karate Kata Perorangan Putra dan Kata Perorangan Putri. Pada Seleksi tahun ini tim juri menggunakan sistem penilaian scoring digital dimana hasilnya realtime langsung dapat dilihat pada layar LCD yang disiapkan oleh panitia agar penilaian lebih objektif transparan untuk menghidari kecurangan oleh juri.
Ini merupakan terobosan pertama kali dilakukan Kabupaten Tana Tidung karena sebelumnya penilaian juri masih manual pengurus IPSI KTT menyambut baik hal tersebut.
Pada kesempatan tersebut, Irdiansyah juga mengucapkan terimakasih kepada semua pihak yang telah membantu terselenggaranya kegiatan ini dan berpesan agar peserta yang berasal dari 5 kecamatan tetap mematuhi protokol kesehatan, junjung tinggi sportivitas serta berikan yang terbaik untuk Kabupaten Tana Tidung yang kita cintai. (Diskominfo KTT) 
Comments
Loading...