Rajawali Kaltara
Rajawalikaltara.com dengan semangat baru, ingin menyajikan informasi-informasi lugas, terpercaya serta lebih akrab dengan masyarakat Kaltara.

Pro Rakyat & Lingkungan, Gubernur Undang Investor Jelajahi Potensi Kaltara

0 200
IMG 20211123 184402 2 1024x585 1
Foto : Diskominfo Kaltara

Tanjung Selor – Gubernur Kalimantan Utara (Kaltara), Zainal A. Paliwang dalam Summit Investment Forum 2021 Kaltara membuka peluang kepada para penanam modal dalam dan luar negeri untuk datang dan menanamkan modalnya di Kaltara, Selasa (23/11).

“Saya mewakili masyarakat Kalimantan Utara dengan senang hati mengundang hadirin sekalian untuk mengeksplorasi potensi yang ada pada provinsi termuda Indonesia ini. Dengan luas hutan 6,9 juta hektar, panjang garis pantai 4.000 kilometer, Kaltara memiliki potensi ekonomi yang siap dimanfaatkan untuk kesejahteraan masyarakat,” ajak Gubernur Zainal.

Ekonomi Kalimantan Utara terus bergerak positif berdasarkan data Badan Pusat Statistik, (BPS) bertumbuh mencapai 5,42 persen pada triwulan ke-III tahun 2021.

“Angka ini tertinggi di regional Kalimantan, melalui Summit Investment Forum 2021 ini Pemprov Kaltara mengundang investor dari Kaltara, luar Kaltara dan Komunitas Internasional untuk datang dan berpartisipasi mewujudkan Kaltara yang berubah, maju dan sejahtera,” jelasnya.

Dianugerahi potensi alam yang melimpah, Kaltara sedang giat membangun dan mengejar ketertinggalan dengan semangat menata kota membangun desa, gubernur mengatakan akan terus mendorong kebijakan-kebijakan pro rakyat dan pro lingkungan.

“Perubahan peruntukan dan fungsi kawasan hutan sebesar 762.000 hektar yang diperuntukan untuk mendukung pengembangan energi baru, terbarukan yaitu rencana pembangunan PLTA Sungai Kayan dan Sungai Mentarang serta pembangunan food estate, sentra perikanan dalam rangka dukungan pangan pada Ibukota Negara di Kalimantan Timur,” ucapnya.

Kalimantan Utara terbuka bagi investasi dan transfer teknologi, termasuk investasi transisi energi yang berpeluang besar terbuka bagi pengembangan bahan bakar nabati, energi lithium.

“Kawasan Industri dan Pelabuhan Internasional merupakan Green Industrial Park yang telah dicanangkan Presiden Republik Indonesia, Bapak Joko Widodo menjadi kawasan industri hijau terbesar dunia saat menjadi pembicara dalam world leader summit di Glasgow, Skotlandia 2021,” jelasnya lagi.

Gubernur menambahkan 2021 menjadi tahun pemulihan kembali ekonomi Indonesia yang harus disambut dengan penuh optimisme.

“Bagi pemerintah Provinsi Kalimantan Utara, investor adalah partner dalam rangka pembangunan berkelanjutan dengan tujuan utama kesejahteraan masyarakat Kaltara,” tambahnya.

Pada penghujung sambutannya, Gubernur Kaltara kembali menekankan partisipasi aktif stakeholder melalui Summit Investment Forum dapat menjadi momentum untuk mempromosikan kebijakan daerah yang ramah investasi serta menciptakan peluang investasi baru dengan beragam kolaborasi.

“Sekali lagi saya ucapkan selamat datang di summit forum investment, semoga ALLAH SWT Tuhan Yang Maha Esa, senantiasa memberikan perlindungan dan pertolongan pada kita dalam menjalankan pengabdian demi nusa, bangsa dan negara,” tutupnya. (Diskominfo Kaltara) 

Comments
Loading...