Rajawali Kaltara
Rajawalikaltara.com dengan semangat baru, ingin menyajikan informasi-informasi lugas, terpercaya serta lebih akrab dengan masyarakat Kaltara.

BI Gelar Kick Off Inkubasi Wastra Tahun 2023, Tenun Khas kaltara Bakal Menjadi Ikon Baru Setelah Sesinggal

0 126

 

Rajawalikaltara.com, Tarakan – Bank Indonesia (BI) Perwakilan Kaltara sangat peduli terhadap perkembangan dunia usaha UMKM, Hal tersebut terbukti saat Bank Indonesia Perwakilan Kaltara menyelenggarakan Program Kick Off Inkubasi Wastra Tahun 2023 pada Rabu pagi (15/02/23), bertempat di Ruang Serbaguna KPwBI Kaltara.

 

 

Hadir dalam kegiatan tersebut Kepala Bank Indonesia Perwakilan Provinsi Kaltara Wahyu Indra Sukma, Ketua Dekranasda Kaltara Rachmawati Zainal Paliwang, Dekranasda Tarakan Siti Rudjiah, Kepala Dinas Disperindagkop Kaltara, Serta puluhan Peserta Desain Tenun dan Desain Faysen. Kegiatan tersebut akan berlangsung selama sebulan kedepan dan di bimbing langsung oleh Wigno Rahardian selaku Ahli Desainer.

 

 

Kegiatan tersebut sangat penting dilakukan melihat beberapa tahun terakhir akibat ada nya pandemi Covid -19 sehingga BI hadir berperan aktif untuk memulihkan kembali Melalui ada nya program inkubasi ini.

 

 

Kepala Bank Indonesia Perwakilan Provinsi Kaltara Wahyu Indra Sukma Mengatakan “Selama Dua tahun terakhir kita sangat terbatas untuk melakukan pergerakan, Kami hadir ingin bersinergi serta berkolaborasi dengan Pemprov kaltara bagaimana bisa bersama-sama memajukan kaltara untuk kedepan nya” , Pungkas nya.

 

 

Wahyu Indra Sukma merupakan Kepala Bank Indonesia Perwakilan Provinsi Kaltara yang baru saja mengantikan kepala BI sebelum yakni Teddy Arief Budiman Yang saat ini pindah tugas menjabat sebagai Kepala Divisi Departemen Regional Kalimantan.

 

 

Selain memberikan pelatihan kepada para Peserta yang akan mengikuti kegiatan Desain Feysen, Produksi Feysen dan Tenun, BI juga memberikan bantuan berupa Alat tenun mesin

kepada kelompok usaha bersama Tenun paguntaka, Selama ini pihak BI perwakilan Kaltara memberikan beberapa fasilitas agar bisa dimanfaatkan dalam rangka meningkatkan Produktivitas,Skill serta bisa menghasilkan dalam jumlah yang banyak untuk bisa didistribusikan lebih luas.

 

 

Pada April mendatang kaltara menjadi tuan rumah pada penyelenggaraan Bangga Buatan Indonesia

“jadi nanti UMKM seluruh Indonesia akan datang ke kaltara dan melihat dari hasil produksi yang kita buat yakni tenun khas kaltara Dimana tenun tersebut akan di pamerkan tidak hanya tenun namun seluruh hasil produksi UMKM dibawah binaan BI Perwakilan Provinsi Kaltara”, Pungkas nya.

 

 

 

Sementara itu Ketua Dekranasda Kaltara Rachmawati Zainal Paliwang mengapresiasi kegiatan tersebut “Dengan ada kegiatan ini bisa lebih memperkenalkan lebih luas lagi terhadap apa yang provinsi kaltara miliki,Bahkan diri nya menyebut sudah ada produksi hasil kaltara dibawah ke luar negeri yakni karya tas berupa tenun di Paris” , Lanjut nya lagi “bahwa Dekranasda kaltara berterima kasih kepada BI atas kerjasama nya selama ini dalam hal memberikan pelatihan khusus bagi Pelaku UMKM sehingga menghasilkan produksi yang membawa nama ciri khasa dari kaltara ke kanca Internasional,Semoga kedepan nya kami terus memberikan yang terbaik”, Tutup nya. (RJK)

 

 

 

 

 

 

 

Comments
Loading...