Rajawali Kaltara
Rajawalikaltara.com dengan semangat baru, ingin menyajikan informasi-informasi lugas, terpercaya serta lebih akrab dengan masyarakat Kaltara.

Tingkatkan Kepedulian Terhadap Rupiah, KPw BI Kaltara Gelar Sosialisasi CBP ke Santri Ponpes Daarul Ilmi MBS Tarakan

0 189

RajawaliKaltara.com, Tarakan – Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Kalimantan Utara mengadakan acara “Edukasi Cinta, Paham dan Bangga (CBP) Rupiah” serta buka puasa bersama semua santri pada hari Jumat, (22/3/24) di Pondok Pesantren Daarul Ilmi Muhammadiyah MBS Tarakan.

Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan edukasi dan pemahaman kepada semua santri Pondok Pesantren Daarul Ilmi Muhammadiyah MBS Tarakan tentang Cinta, Paham dan Bangga (CBP) Rupiah. Hadir dalam acara tersebut adalah Kepala Perwakilan Bank Indonesia (BI) Provinsi Kalimantan Utara, Wahyu Indra Sukma, Persatuan Istri di lingkungan Perwakilan BI Kalimantan Utara, Pimpinan Wilayah Muhammadiyah Kalimantan Utara, Syamsi Sarman, Pimpinan Pondok Pesantren Daarul Ilmi MBS Tarakan, Abdul Rahmat, dan seluruh keluarga besar Pondok Pesantren Daarul Ilmi MBS Tarakan.

IMG 20240322 181023 scaled
Berfoto bersama usai penyerahan secara simbolis bantuan dari KPw BI Kaltara kepada Ponpes Daarul Ilmi MBS Tarakan.

Dalam sambutannya, Wahyu menyatakan bahwa salah satu tugas Bank Indonesia adalah mengatur kelancaran sistem pembayaran di Indonesia, baik tunai maupun non-tunai. Untuk memastikan kelancaran sistem pembayaran ini, Bank Indonesia berusaha menjaga kecukupan uang, memperluas peredaran rupiah, dan meningkatkan kualitas uang yang beredar di masyarakat.

Melalui edukasi Cinta, Bangga dan Paham Rupiah di Pondok Pesantren Daarul Ilmi MBS Tarakan, BI mengajak masyarakat, khususnya para santri, untuk mencintai dan merawat rupiah, bangga terhadap rupiah sebagai simbol kedaulatan bangsa, dan memahami fungsi rupiah sebagai alat transaksi pembayaran serta dapat menggunakan rupiah dengan bijak. “Dengan pengetahuan CBP rupiah, kami berharap para santri dapat menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari, terlebih kita akan menghadapi Lebaran, tentu kita harus menggunakan rupiah dengan bijak dan hanya menggunakannya sesuai kebutuhan,” jelas Indra.

Abdul Rahmat, selaku Pimpinan (Mudir) Pondok Pesantren Daarul Ilmi Muhammadiyah MBS Tarakan, mengucapkan terima kasih kepada Bank Indonesia Provinsi Kalimantan Utara atas kunjungan dan silaturahmi dalam rangka edukasi CBP dan buka puasa bersama para santri.

“Kegiatan ini memang merupakan program unggulan dari Perwakilan BI Kalimantan Utara dan alhamdulillah pondok pesantren kita ini merupakan salah satu pondok yang mendapatkan program BI, khususnya di Tarakan, Kalimantan Utara,” ungkap Mudir Pondok Pesantren Daarul Ilmi MBS Tarakan.

Beliau juga menyampaikan bahwa acara ini dapat menjadi nilai tambah bagi para santri dan seluruh keluarga besar Pondok Pesantren Daarul Ilmi MBS Tarakan sebagai warna negara Indonesia agar senantiasa Cinta, Bangga dan Paham Rupiah.

“Tentu kemitraan ini akan terus berlanjut karena kami sangat membutuhkan semangat untuk memberikan manfaat, terlebih kepada lembaga atau instansi negara yang berfokus pada pembinaan dan ekonomi pesantren,” ungkapnya.

IMG 20240322 WA0068 scaled
Para Santri Daarul Ilmi MBS Tarakan saat menyaksikan penjelasan CBP dari Pihak KPw BI Kaltara, Jum’at (22/3/24)

Pihaknya juga berencana akan mengunjungi Kantor Perwakilan BI Kalimantan Utara bersama beberapa santri. Hal ini bertujuan untuk mengetahui secara langsung peredaran uang yang telah terjadi sejauh ini.

“Kami sangat mengapresiasi karena BI, khususnya Perwakilan Kalimantan Utara, menyambut baik lembaga-lembaga pendidikan yang ingin mencari tahu bagaimana uang di Indonesia selama ini, baik dari segi pembuatan maupun peredarannya,” terang Rahmat.

Kegiatan edukasi dan sosialisasi tersebut diakhiri dengan penyampaian Kultum oleh Ketua PWM Kalimantan Utara, buka puasa bersama, dan sholat Maghrib berjemaah.

Comments
Loading...