Rajawali Kaltara
Rajawalikaltara.com dengan semangat baru, ingin menyajikan informasi-informasi lugas, terpercaya serta lebih akrab dengan masyarakat Kaltara.

Arvan Taufiq, Calon Kuat PAW Sabar di DPRD Tarakan

0 143

TARAKAN, rajawalikaltara.com – Dalam waktu dekat proses pergantian antar waktu (PAW) Sabar Santuso di Komisi III Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Tarakan segera direalisasi. Calon kuat suara terbanyak setelahnya dari Partai Amanat Nasional (PAN) tersebut, yakni Arvan Taufiq Arsyad.

Hal tersebut diakui Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Tarakan, Teguh Dwi Subagyo, ia menyatakan Sabar Santuso yang maju dalam pertarungan Pilkada Tarakan, sudah mengajukan cuti pada 12 Februari lalu. “Surat permohonan (PAW) juga sudah diajukan oleh Ketua DPRD,” katanya saat ditemui di ruang kerjanya, Selasa (27/2/2018).

Lanjut Teguh, sejak 17 Februari lalu juga Sekretaris DPRD Tarakan sudah menindaklanjuti hal tersebut kepada Gubernur Kaltara. Paling lambat, selama 30 hari sebelum pemungutan suara, sudah ada surat keputusan (SK). “Kami juga dalam waktu dekat akan plenokan. Karena komisioner saat ini belum lengkap,” ujarnya.

Dijelaskan, jika melihat secara umum, perolehan suara sebelumnya, peraih suara terbanyak Arvan Taufiq Arsyad sebanyak 887 suara. Dalam arti, Arvan memiliki kesempatan untuk ditetapkan sebagai calon kuat PAW. “Ada hal lain yang kami tunggu serta memberikan kesempatan kepada masyarakat jika ada keberatan agar menyampaikan secara tertulis untuk melihat dan meninjau kembali apakah layak menjadi PAW,” ungkap Teguh.

Adapun mekanisme yang bisa menggagalkan yakni PAW yakni jika ada laporan sudah pindah partai, diberhentikan oleh partai atau ada putusan hukum pidana yang berkekuatan inkracht. “Sampai saat ini belum ada. Jika ada laporan tertulis Kami punya waktu 5 hari untuk melakukan telaah,” pungkasnya.(rk1)

Comments
Loading...