Rajawali Kaltara
Rajawalikaltara.com dengan semangat baru, ingin menyajikan informasi-informasi lugas, terpercaya serta lebih akrab dengan masyarakat Kaltara.

Kerukunan Terjaga, Gubernur Diganjar Harmoni Award

Dialog Agama dan Kebangsaan Bersama Gubernur, Menteri Agama dan Ketua Komisi VIII DPR RI

0 43
SEJARAH : Menag RI Lukman Hakim Saifuddin didampingi Gubernur Kaltara Dr H Irianto Lambrie meresmikan PTSP Kanwil Kemenag Kaltara, Rabu (26/12).

TANJUNG SELOR – Gubernur Kalimantan Utara (Kaltara) Dr H Irianto Lambrie menyampaikan, masyarakat Kaltara wajib bersyukur. Selain memiliki Sumber Daya Alam (SDA) yang berlimpah, provinsi ini juga memiliki keunggulan sosial. Yaitu kemajemukan masyarakat. “Kaltara memiliki masyarakat yang majemuk, namun alhamdulillah tetap aman dan damai. Ini yang harus kita jaga bersama. Kemajemukan di satu sisi adalah anugerah. Di sisi lain bisa menjadi ancaman perpecahan, jika tidak dijaga dengan baik,” kata Gubernur dalam dialog bertemakan agama dan kebangsaan bersama Menteri Agama (Menag) RI Lukman Hakim Saifuddin dan Ketua Komisi VIII DPR RI Muhammad Ali Tahir di Ruang Pertemuan Gedung Gabungan Dinas Pemprov Kaltara, Rabu (26/12).

Sebelumnya, Gubernur yang didampingi Wakil Gubernur (Wagub) Kaltara H Udin Hianggio, Kapolda Kaltara Brigjen Pol. Indrajit dan beberapa pejabat lainnya menyambut kedatangan Menteri Agama dan Ketua Komisi VIII DPR RI bersama rombongan di Pelabuhan VIP Kayan I Tanjung Selor. “Hari ini, Rabu 26 Desember 2018 kita bersyukur kedatangan tamu Menteri Agama RI, Bapak Lukman Hakim Saifuddin. Kedatangan beliau bisa dikatakan sebagai sejarah, sebagai Menteri Agama yang pertama kalinya datang ke Tanjung Selor,” ucap Gubernur.

“Atas nama masyarakat Indonesia di Kaltara, saya menyampaikan selamat datang, dan berterima kasih atas kesediaannya berkunjung ke Kaltara,” lanjutnya.

Ada beberapa kegiatan yang dilakukan Menteri Agama selama di Tanjung Selor. Sebelum melakukan dialog dengan para tokoh agama, tokoh masyarakat dan FKUB, Menteri Agama yang didampingi Gubernur meresmikan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP) Kantor Wilayah (Kanwil) Kementerian Agama (Kemenag) Kaltara di Jalan Kolonel Soetadji Tanjung Selor. “Selaku Gubernur, saya menyampaikan hormat dan terima kasih atas peresmian ini. Pelayanan terpadu ini menambah kemudahan bagi masyarakat untuk mendapatkan pelayanan dari pemerintah. Ini juga seiring dengan keinginan kita, agar Kaltara bergerak cepat,” urai Irianto.

Dalam kesempatan dialog, Gubernur mengajak kepada seluruh masyarakat, utamanya para tokoh agama, tokoh masyarakat dan lainnya, untuk sama-sama menjaga kebersamaan, menjaga kerukunan dan keharmonisan di Kaltara. “Dan yang terpenting juga, jangan mudah terprovokasi dengan isu-isu yang tidak bisa dipertanggung jawabkan,” ujar Irianto.

Di sela-sela acara dialog, Gubernur Kaltara menerima penghargaan dari Menteri Agama. Penghargaan ini diberikan, karena keberhasilan Irianto, selaku kepala daerah melalui program dan kebijakannya untuk menjaga kerukunan umat beragama di Kaltara. Selain Gubernur, penghargaan ‘Harmoni Award’ juga diberikan kepada beberapa tokoh agama, tokoh masyarakat dan Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) se-Kaltara. “Kepada Menteri Agama, dalam kesempatan yang baik ini saya mengusulkan agar di Kaltara bisa didirikan pendidikan tinggi keagamaan. Semoga usulan ini bisa direalisasikan, sebagai upaya meningkatkan Sumber Daya Manusia di Kalimantan Utara,”tutup Gubernur.(humas)

Comments
Loading...