Rajawali Kaltara
Rajawalikaltara.com dengan semangat baru, ingin menyajikan informasi-informasi lugas, terpercaya serta lebih akrab dengan masyarakat Kaltara.

GUBERNUR INGIN VERIFIKASI BANTUAN KUBE OBJEKTIF

Total Anggaran KUBE 2018 Rp 2,4 Miliar

0 98

TANJUNG SELOR, rajawalikaltara.com – Untuk melecut pertumbuhan ekonomi masyarakat Kalimantan Utara (Kaltara), Gubernur Kaltara Dr H Irianto Lambrie mengarahkan kepada Dinas Sosial (Dinsos) Provinsi Kaltara untuk menggiatkan realisasi program Kelompok Usaha Bersama (KUBE) pada tahun ini. KUBE merupakan program yang ada pada Kementerian Sosial (Kemensos) RI untuk memberdayakan kelompok masyarakat miskin dengan pemberian modal usaha sehingga dapat meningkatkan kemampuan berusaha para anggota KUBE dan dapat meningkatkan pendapatan serta pengembangan usaha mereka.

Program bantuan KUBE ada yang bersumber dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN). Adapula yang berasal dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah. Disebutkan Gubernur, total anggaran secara keseluruhan (APBN ditambah APBD) untuk program bantuan KUBE tahun ini sekitar Rp 2,4 miliar. “Pada 2017, dari informasi Dinsos Kaltara, bantuan KUBE dari APBD belum dapat direalisasikan. Lantaran, masih banyak persyaratan dari calon penerima bantuan yang belum sesuai dengan persyaratan yang ditetapkan,” kata Irianto.

Pun demikian, pada 2017, terkait dengan program bantuan KUBE, Dinsos Kaltara telah melangsungkan tahapan sosialisasi dan pelatihan administrasi dengan anggaran sekitar Rp 200 juta dari APBD Kaltara. Selain itu, memanfaatkan anggaran KUBE 2017 yang bersumber dari APBN, Dinsos telah menyalurkan bantuan kepada 80 kelompok penerima. Rinciannya, 30 KUBE di Kota Tarakan dan Kabudengan total anggaran bantuan Rp 600 juta, 30 KUBE di Kabupaten Bulungan (Rp 600 juta), dan 20 kelompok di Kabupaten Malinau (Rp 400 juta). “Tahun ini, harus ditindaklanjuti program ini dengan realisasi penyaluran bantuan seperti tahun lalu, utamanya yang bersumber dari APBD. Lantaran, persyaratannya tak sulit, saya kira. Seperti, dokumentasi usaha calon penerima bantuan dari dinas kabupaten/kota. Lalu jumlah kelompoknya, minimal 10 orang dengan usia antara 15 hingga 55 tahun,” jelas Gubernur.

Program bantuan KUBE sebagai bagian dari Program Keluarga Harapan (PKH) menyasar warga kurang mampu dan peserta PKH yang dilegalkan dengan surat keterangan tidak mampu dari desa setempat. Secara teknis, tenaga sukarela Dinsos kabupaten/kota akan melakukan pendampingan serta membentuk KUBE. Selanjutnya, kelompok tersebut mengajukan proposal permohonan bantuan kepada Dinsos kabupaten/kota. Oleh Dinsos kabupaten/kota, proposal itu diteruskan ke Dinsos Provinsi untuk diverifikasi kelayakan menerima bantuan KUBE. “Proses verifikasi ini harus dilakukan secara objektif dan sesuai dengan peraturan yang ada. Jangan sampai yang tidak layak menerima, malah mendapatkan bantuan,” ujar Irianto.

Proses verifikasi ini juga menentukan siapa calon penerima bantuan yang akan menerima alokasi bantuan KUBE dari APBN atau APBD. “Bantuan KUBE melalui APBD itu, bentuknya berupa barang yang disesuaikan dengan kebutuhan masing-masing usaha kelompok. Kalau sumbernya APBN, berupa uang tunai dengan besaran per kelompok Rp 20 juta,” ulas Gubernur sembari berharap tahun ini program bantuan KUBE dapat terealisasi sepenuhnya.

Targetnya, pada tahun ini program bantuan KUBE (alokasi APBD) akan disalurkan kepada 20 kelompok. Sedangkan, KUBE APBN akan disalurkan kepada 100 kelompok penerima yang terdiri dari tiga kategori wilayah. Yakni, kelompok dari wilayah pesisir, perkotaan dan perdesaan. “Sudah ada 25 KUBE yang mengajukan permohonan bantuan. 5 KUBE dari Bulungan, 10 KUBE dari Tana Tidung, dan 10 lagi dari Nunukan. Namun, belum ditetapkan mana yang mendapatkan bantuan karena masih dalam tahap verifikasi untuk menentukan mana yang mendapatkan bantuan KUBE APBN atau APBD,” timpal Sumiati, Sekretaris Dinsos Kaltara.(humas)

 BANTUAN KUBE 2018 PROVINSI KALTARA

1.       Bantuan KUBE Sumber APBN

a.       Total anggaran Rp 2 miliar

b.       Penerima dibagi 3 kategori :

      KUBE Perkotaan (Kota Tarakan dan Kecamatan Tanjung Selor, Kabupaten Bulungan) untuk 50 kelompok dengan total anggaran Rp 1 miliar

      KUBE Perdesaan (Kabupaten Nunukan) untuk 20 kelompok dengan total anggaran Rp 400 juta

      KUBE Pesisir (Desa Tanah Kuning, Kecamatan Tanjung Palas Timur dan Kecamatan Pulau Bunyu, Bulungan) untuk 30 kelompok dengan total anggaran Rp 600 juta

 2.       Bantuan KUBE Sumber APBD Kaltara

a.     Total anggaran Rp 400 juta

b.     Jenis bantuan berupa peralatan

c.     Target jumlah penerima sebanyak 15 hingga 20 KUBE

 Sumber : Dinsos Provinsi Kaltara, 2018

Comments
Loading...