Rajawali Kaltara
Rajawalikaltara.com dengan semangat baru, ingin menyajikan informasi-informasi lugas, terpercaya serta lebih akrab dengan masyarakat Kaltara.

PERDA KESELAMATAN BERLAYAR SIAP DIKETUK APRIL MENDATANG

0 125

TARAKAN, rajawalikaltara.com – Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) yang mengatur keselamatan transportasi laut dalam waktu dekat akan diketok oleh Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kaltara. Hal ini ditunjukkan oleh sejumlah panitia khusus (Pansus) II dengan cara melakukan kunjungan lapangan ke Pelabuhan Tengkayu II (SDF).

Ketua Pansus II DPRD Kaltara, Asnawi Arbain mengatakan, rencana kunjungan tersebut bermaksud untuk mencari kendala di lapangan. Tujuannya, untuk memperkaya materi muatan penyusunan raperda keselamatan transportasi laut. “Kami sudah bincang-bincang dengan Kepala UPT, terkait fasilitas dan semuanya. Dari kekurangan, semua akan dibahas agar perda yang dihasilkan bisa memenuhi aspek keselamatan,” ungkapnya usai kunjungan lapangan, Jumat (2/2).

Lebih lanjut, pria yang akrab disapa Asnawi, ada beberapa hal penting yang dia catat usai kunjungan, diantaranya Standart Operating Procedural (SOP) pelayanan dan fasilitas di pelabuhan.  “Ada juga body speedboat, pintu darurat serta kenyamanan yang harus sesuai. Jarak kursi juga jangan terlalu dekat,” jelas Asnawi.

Dijelaskan pria yang juga menjabat sebagai Ketua Komisi IV DPRD Kaltara, saat kunjungan tersebut, pihaknya juga mendapati speedboat yang sudah sesuai SOP. Selain itu pihaknya berjanji akan bersama-sama memperbaiki sarana dan prasarana. “Kalau dikatakan ini (Perda) dampak dari tenggelamnya kapal, tentu tidak. Sejak 2015 lalu sudah kami godok,” ujarnya.

Bukan hanya standar keselamatan berlayar, pihaknya juga akan memperhatikan pelayanan hingga penjualan tiket secara online. Selain itu, kata Asnawi, kedepannya ia akan berkoordinasi dengan Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) serta Dinas Perhubungan (Dishub) Kaltara. “Tetap kami akan konsultasi publik. Kan nanti ada saran yang kami tampung semua. Insya Allah Perda ini akan kami ketok April mendatang,” pungkas pria dari fraksi PAN ini.(rk1)

Comments
Loading...