Rajawali Kaltara
Rajawalikaltara.com dengan semangat baru, ingin menyajikan informasi-informasi lugas, terpercaya serta lebih akrab dengan masyarakat Kaltara.

CUACA BURUK, KSOP SEMPAT TUNDA KEBERANGKATAN

0 100

TARAKAN, rajawalikaltara.com – Intensitas hujan yang cukup tinggi yang terjadi Selasa (6/2) kemarin, menyebabkan penundaan keberangkatan speedboat reguler di Pelabuhan Tengkayu I Tarakan (SDF). Adapun jurusan yang mengalami penundaan yakni tujuan Kabupaten Tana Tidung (KTT), Malinau serta Tanjung Selor.

Kepala Seksi Keselamatan Berlayar, Penjagaan dan Patroli, KSOP Kelas II Tarakan, Syahruddin menyatakan, di bawah pukul 08.00 Wita intensitas hujan belum terlihat. Namun setelah itu, kecepatan angin normal sempat mencapai 7,8 knot.

“Penundaan tadi kurang lebih satu jam. Artinya jam 09.30 Wita sudah normal.Untuk gelombang tadi masih normal 0,50 cm,” jelasnya saat di jumpai di ruang kerjanya, Selasa (6/2).

Lebih lanjut, kata dia, dalam intensitas hujan yang kencang, jarak pandang nakhoda sekitar 300 meter. “Ketika ada perubahan cuaca kami berkoordinasi juga sama petugas yang ada di Tanjung Selor. Bahwa kondisi disini masih berkabut. Artinya, tertutupi oleh hujan dan jarak pandang terbatas,” kata Syahruddin.

Dijelaskannya, dari pantauan petugas, curah hujan yang tinggi masih dalam tahap aman. Akan tetapi, ia juga berkoordinasi dengan nakhoda. “Ini biasa dilalui. Namun kami tetap saja menunda (keberangkatan),” tuturnya.

Diakui Syahruddin, tidak ada warga yang mengeluhkan penundaan keberangkatan. Pasalnya warga juga mengerti kondisi cuaca. “Ini juga alasan keselamatan, makanya kami tunda,” pungkasnya.(rk1)

Comments
Loading...