Rajawali Kaltara
Rajawalikaltara.com dengan semangat baru, ingin menyajikan informasi-informasi lugas, terpercaya serta lebih akrab dengan masyarakat Kaltara.

Tingkatkan Pelayanan Internasional, Bandara Juwata Sosialisasi Implentasi FAL

0 388

TARAKAN – Sebagai Bandar Udara (Bandara) Internasional yang melayani rute penerbangan dalam dan luar negeri, Bandara Juwata Tarakan terus berupaya memenuhi prosedur yang berlaku.

Atas dasar tersebut Bandara Juwata melaksanakan sosialasasi implementasi komite fasilitasi (FAL) dengan beberapa instansi terkait yang berhubungan dengan penerbangan internasional.

“Seperti dimandatkan dalam Annex 9, disebutkan bahwa kelancaran pergerakan dari pesawat, penumpang dan barang harus terjamin. Jadi yang kita sasar adalah berkoordinasi,” kata Kepala Bandara Juwata Tarakan, DR. Ir. Fadrinsyah Anwar, MBA.

Saat ini, diakui Fadrinsyah, untuk penunjang fasilitas pelayanan yang sudah ada menggunakan teknologi cangih. Untuk itu pihaknya bersama instansi terkait akan membahas mengenai kelancaran dan hambatan dalam pelayanan.

“Kalau fasilatasi itu lebih ke arah kelancaran. Kita melihat prosesnya, misalnya bagaimana adanya antrean dan pemeriksaan terlalu lama. Itu yang harus kita benahi,” jelasnya.

Dikatakannya, semua bandara yang melayani penerbangan internasional harus memiliki komite FAL. Kemudian untuk perubahan sistem pelayanan dan penambangan prasarana. Dengan begitu pihaknya juga harus melaporkan ke komite FAL nasional. Namun untuk saat ini, sejumlah pelayanan dan sarana prasarana yang ada di penerbangan internasional, sudah cukup memadai bagi Bandara Juwata Tarakan.

“Namun kita tidak menutup mata juga untuk kedepannya, misalnya kemungkinan terjadi peningkatan. Jadi harus kita petakan lagi untuk hari ini dan besok seperti apa. Apabila kita bisa optimalkan pasti kita lakukan optimalisasikan dulu, karena anggaran kita juga terbatas,” demikian Fadrinsyah. (rk-2)

Comments
Loading...