Rajawali Kaltara
Rajawalikaltara.com dengan semangat baru, ingin menyajikan informasi-informasi lugas, terpercaya serta lebih akrab dengan masyarakat Kaltara.

Dispar Tarakan Akan Kembangkan Situs Sejarah

0 46

TARAKAN- Dinas Pariwisata Kota Tarakan di akhir tahun ini telah menyusun program kerja. Salah satunnya yakni pengembangan fungsi situs sejarah yang situs sejarah yang ada di Tarakan.

Kepala Seksi Sejarah dan Purbakala Dipar Tarakan, Abdul Salam menjelaskan, sesuai dengan data hingga 2019 ini, setidaknya ada 200 situs sejarah yang tercatat di bumi Paguntaka ini, namun yang aktif dan sering menjadi tempat kunjungan para wisatawan maupun pelajar dengan tujuan study tour hanya berjumlah 10 situs sejarah saja.

“Kalau total jumlah situs sejarah yang kita catat hingga saat ini berjumlah 200, namun yang sering kita kunjungi bersama wisatawan luar daerah dan luar negeri maupun pelajar itu hanya 10 situs sejarah saja, mengingat akses jalan yang mudah  hanya di 10 situs tersebut,” ujar salam.

Salam menambahkan, program kedepan Dispar Tarakan salah satunnya yaitu pengembangan situs sejarah yang ada, terutama menambahkan ruang informasi di setiap situs sejarah secara bertahap sesuai dengan kekuatan anggaran yang dimiliki. Dengan lengkapnya infrastruktur di situs-situs sejarah yang ada, tentu bisa menjadi daya tarik bagi pengunjung lokal mapun dari luar daerah bahkan luar negeri.

“Kita berharap dengan adanya ruang informasi sejarah di situs yang ada bisa membantu pengunjung memahami nilai sejarah di lokasi tersebut, apalagi daerah sejarah yang kita miliki ini selalu ada benda peninggalan sejarah yang bisa disaksikan langsung oleh para pengunjung seperti salah satunya di situs sejarah mamburungan yang merupakan peninggalan dari perang dunia ke-2,” pungkasnya. (rk-2)

Comments
Loading...