Rajawali Kaltara
Rajawalikaltara.com dengan semangat baru, ingin menyajikan informasi-informasi lugas, terpercaya serta lebih akrab dengan masyarakat Kaltara.

Kedubes Australia Gali Informasi Potensi Investasi di Kaltara

0 313

TANJUNG SELOR – Kedutaan Besar (Kedubes) Australia tengah mengumpulkan informasi peluang-peluang ekonomi yang dapat dikerjasamakan dengan Indonesia, khususnya di wilayah Provinsi Kaltara. Melalui Sekretaris Dua Bidang Ekonomi, Peter Simojoki, Kedubes Autralia juga akan menjalin kerjasama kemitraan dengan pemerintah (pusat) termasuk Pemprov Kaltara sebagai wakil pemerintah di Provinsi Kaltara.

Kata Peter, Kedubes Australia sedikit telah mengetahui beberapa rencana investasi di provinsi ke-34 ini, yakni pembangunan Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA) Besahan Sungai Kayan dan pembangunan Proyek Strategis Nasional (PSN) Kawasan Industri dan Pelabuhan Internasional (KIPI) Tanah Kuning-Mangkupadi.

Peter mengatakan, Australia juga memiliki PLTA berkapasitas 2.000 Mega Watt (MW). Bahkan perusahaan pemilik PLTA tersebut telah membuktikan pengalamannya membantu Sarawak Energy merealisasaikan pembangkit setrum di Malaysia. Utamanya dari segi Amdal-nya. Selain itu, perusahaan di Australia itu juga membantu Sarawak Energy mengembangkan desain bendungannya, tutur Peter, Senin (25/2) di ruang kerja Sekprov Kaltara.

Informasi-informasi yang digali Peter dari Provinsi Kaltara akan disampaikan ke sejumlah investor di Negeri Kanguru. Ia mengatakan, investor Australia yang belum melirik Indonesia sebagai negara tujuan investasi lantaran minimnya informasi yang lengkap dan komprehensif. Jadi saya ke sini untuk mengumpulkan informasi agar lebih paham, lebih mengerti terhadap situasi di lapangan. dan informasi yang saya kumpulkan selama saya di sini, tentu akan akan menjadi bahan informasi kami ke investor Autralia, tuturnya.

Kami harap kerjasama kemitraan ini menarik perhatian investor Australia supaya ke Indonesia. Sebab menurut kami banyak sekali yang hanya transit di Indonesia pas Mau ke Cina, Jepang, Korea. Karena mereka tidak terelalu lihat potensi yang ada di Indonesia, tambahnya.

Pemprov Kaltara bersenang hati menerima kunjungan utusan Kedubes Autralia. Apalagi ketika kunjungan ini banyak diisi diskusi tentang peluang investasi di Kaltara.Terima kasih telah berkujung di Kaltara. Kami diamanatkan Bapak Gubernur untuk menerima Bapak hari ini, tutur Sekprov Kaltara, H Suriansyah.

Suriansyah mengungkapkan, Presiden Jokowi juga telah menaruh perhatian besar bagi Provinsi Kaltara dalam hal daerah tujuan investasi di Tanah Air. Hal itu dibuktikan beberapa kebijakan langsung diterbitkan Presiden Jokowi maupun beberapa rencana investasi yang sedang dilirik investor domestik dan mancanegara, serta konsorsium keduanya. Kami terbuka bagi Australia dan investornya untuk bisa masuk ke Kaltara. Alhamdulillah pada hari ini Pak Peter sudah melakukan pendahuluan dan hari selanjutnya melakukan kunjungan ke lokasi PLTA Sungai Kayan, tuturnya.(humas)

Comments
Loading...