Rajawali Kaltara
Rajawalikaltara.com dengan semangat baru, ingin menyajikan informasi-informasi lugas, terpercaya serta lebih akrab dengan masyarakat Kaltara.

21 Ribu Orang Berhak Dapat Kartu Prakerja

Penerima Manfaat akan Peroleh Bantuan Rp 3.550.000

0 287

TANJUNG SELOR – Sebanyak 3.334 orang telahterdaftar untuk menerima bantuan pemerintahmelalui program kartu prakerja. Jumlah ini masihjauh dari kuota yang diberikan pemerintah untukKaltara sebanyak 21.594 orang.

Pemberian kartu prakerja ini, merupakan bentukkepedulian pemerintah membantu masyarakat. Utamanya bagi para karyawan perusahaan yang dirumahkan, serta tutupnya sektor usaha kecilmenengah (UKM) akibat penyebaran pandemiCoronavirus Disease 19 (Covid-19).

Gubernur Kalimantan Utara (Kaltara) Dr H IriantoLambrie mengungkapkan, sesuai laporan DinasTenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Kaltara, kuota yang diberikan pemerintah kepadaKaltara sebanyak 21.594 orang tenaga kerja di Kaltara yang akan mendapatkan kartu prakerja.

Dengan target sasaran meliputi, pengemuditransportasi online, sektor pariwisata (perhotelan, travel, dan restoran), konstruksi dan property, sektor transportasi darat dan laut, dan UKM sertapekerja harian di sektor informal.  

Kuota yang ditetapkan pemerintah pusatsebanyak 21.594 orang. Untuk sementara yang terdaftar hingga saat ini baru 3.334 orang,” kata Gubernur yang didampingi Kepala DisnakertransKaltara H Armin Mustafa.

Rinciannya, dari 3.334 orang yang sudah tersebut, antara lain dari sektor pariwisata  sebanyak 861 orang, sektor perindagkop dan UKM 1.668 orang, sektor perhubungan 711 orang, dan sektor sistempelatihan dan umum (SPDU) 94 orang.

Hingga saat ini, Disnakertrans Kaltara masih terusmelakukan pembaruan jumlah pendaftar. Kata Armin, pihaknya tidak sendiri, juga bekerja samadengan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) lainnya, seperti Dinas Perhubungan Kaltara, DinasPariwisata, Dinas Perindustrian PerdaganganKoperasi dan UKM, serta Badan PerencanaanPembangunan Daerah dan PenelitanPengembangan (Bappeda-Litbang) Kaltara.

Awalnya, jelas Armin, sebelum adanya wabahCovid 19, calon penerima harus mendaftarterlebih dahulu melalui situs resmi KementerianTenaga Kerja. Sehingga pendataan danpendaftaran dilakukan melalui instansi terkaituntuk dilaporkan ke Kementrian Tenaga Kerja.

Begitu juga dengan rencana pelatihan seluruhcalon penerima kartu prakerja akan diberikanpelatihan oleh Balai Latihan Kerja yang terhubungdengan Kementerian Tenaga Kerja,  sehingga adakebijakan tersendiri pelatihan akan dilakukansecara online,” jelas Armin.

Kepada para pemegang kartu prakerja, nantinyaakan mendapat bantuan dana dari pemerintah. Besarannya, setiap penerima manfaat kartuprakerja akan menerima Rp 3.550.000. Denganrincian, Rp 1.000.000 untuk biaya pelatihan. Kemudian sebesar Rp 600.000 untuk insentifselama 4 bulan, dan Rp 50.000 perkali survey (3 kali survey).

“Dari Rp 3,5 juta itu, tidak semuanya diberikansecara tunai kepada penerimanya,”tegas Amir lagi. Ditambahkan, bagi masyarakat yang memenuhi syarat dan ingin mendapatkan kartuprakerja bisa melakukan pendaftaran  danmengecek persyaratannnya di web kementeriantenaga kerja yaitu di: https://prakerja.go.id atauhttps://prakerja.kemnaker.go.id. (humas)

Comments
Loading...