Rajawali Kaltara
Rajawalikaltara.com dengan semangat baru, ingin menyajikan informasi-informasi lugas, terpercaya serta lebih akrab dengan masyarakat Kaltara.

Pemkot Perketat Penyaluran Bansos

0 175

 

TARAKAN — Bantuan sosial (bansos) bulan pertama bagi warga terdampak corona virus disease (covid-19) telah disalurkan Pemerintah Tarakan sejak beberapa hari lalu.

Pemeritah Tarakan pun mengevaluasi penyalurannya. Hasilnya, Pemerintah Tarakan akan lebih selektif untuk penyaluran bulan berikutnya.

Di antaranya Pemerintah Tarakan akan membuat kriteria warga terdampak yang berhak mendapatkan. Karena selama ini, hanya berdasarkan laporan yang masuk.

“Selama ini kan semuanya kan melapor saja, melapor semua. Tentu kita buat kriteria supaya ada pegangan buat semua di lapangan, termasuk tim verifikator,” ujar Wali Kota Tarakan, Khairul, Selasa (5/5).

Salah satu kriteria yang berhak mendapatkan nantinya, tidak boleh lebih dari satu program bantuan dalam satu keluarga. Karena menurut Khairul, terkadang dalam satu rumah ada peluang mendapatkan lebih dari satu program bantuan. Karena program bansos untuk kepala keluarga, bukan individu.

“Contoh, katakanlah suaminya pekerja sektor informal tapi istrinya sudah dapat PKH. Dari dinas terkait melaporkan itu tadi yang dari sektor informalnya itu, akhirnya suaminya kan potensi dapat bantuan juga. Tapi ini nanti akan terkroscek dia. Jadi kalau sudah isterinya dapat enggak bisa lagi. Jadi satu KK satu saja,” tuturnya. (rk-4)

Comments
Loading...