Rajawali Kaltara
Rajawalikaltara.com dengan semangat baru, ingin menyajikan informasi-informasi lugas, terpercaya serta lebih akrab dengan masyarakat Kaltara.

144 Rumah Tangga Dapat Jatah Pemasangan Meteran Listrik Gratis

0 42

TANJUNG SELOR – Sebanyak 144 rumah tangga yang tersebarpada 3 kabupaten/kota se Kaltara mendapatkan bantuanpemasangan meteran listrik dari Kementerian Energi SumberDaya Mineral (ESDM). “Ini merupakan upaya untukmewujudkan energi yang berkeadilan, agar listrik bisa dinikmatiseluruh rakyat Indonesia termasuk rumah tangga tidakmampu,”kata Kepala Dinas ESDM Kaltara, Ferdy ManurunTanduklangi, belum lama ini.

Diungkapkannya, ini merupakan hasil koordinasi dan komunikasi dengan pemerintah pusat. 3 kabupaten/kota itutersebar di Kota Tarakan, Kabupaten Malinau dan Nunukanmelalui program Bantuan Pasang Baru Listrik (BPBL). Di mana, terdapat bantuan Corporate Social Responsibility  (CSR) PT Berau Coal yang menjadi salah satu mitra Kementerian ESDM yang turut berpartisipasi dalam program tersebut.

“Kementerian ESDM meminta partisipasi perusahaanperusahaan yang bergerak di bidang energi untuk membantuprogram peningkatan rasio elektrifikasi di Indonesia. Kalauuntuk proses pemasangan baru bantuan listriknya saat ini sudahselesai,” jelas Ferdy.

Program BPBL memang dikhususkan bagi masyarakat tidakmampu yang bersumber dari Basis Data Tim Nasional Percepatan Penanggulangan Kemiskinan (TNP2K) dariKemensos RI. Di mana dari data tersebut didapat sebanyak 144 rumah tangga di Kaltara belum memiliki sambungan listrik dariPLN. “Jadi penerima, diberi bantuan pemasangan meteran listrikPLN dengan jumlah kapasitas sebesar 450 VA atau 2 amper tiaprumah tangga. Ini dilengkapi dengan instalasi listrik dalamrumah,” jelasnya.

Ferdy merincikan, dari 144 rumah tangga yang menerimaBPBL, Nunukan sebanyak 45 penerima, Malinau sebanyak 12 penerima, dan Tarakan sebanyak 87 penerima. “Jumlah bantuanini setelah dilakukan verifikasi lapangan, diharapkan program BPBL melalui bantuan CSR  dapat menjadi contoh bagi badan usaha lainnya untuk mengalokasikan dana CSR-nya untukmasyarakat tidak mampu sehingga semakin banyak masyarakatyang menikmati listrik,” tuntasnya.(humas)

Comments
Loading...