Rajawali Kaltara
Rajawalikaltara.com dengan semangat baru, ingin menyajikan informasi-informasi lugas, terpercaya serta lebih akrab dengan masyarakat Kaltara.

Jalani Tes Psikotes, Zainal Gambar Ibu Rumah Tangga, Yansen Pohon Mati, Ini Filosofinya

0 25

Tarakan – Bakal pasangan calon Gubernur dan Wakil Gubernur Provinsi Kalimantan Utara Zainal Arifin Paliwang– Yansen TP (ZIYAP) telah selesai mengikuti tahapan pemeriksaan kesehatan selama dua hari di RSUD Tarakan, Selasa (8/9/2020).

Pemeriksaan kesehatan dihari pertama yakni Senin (07/09) yaitu berupa pemeriksaan jasmani dan rohani, sedang untuk pemeriksaan hari kedua Selasa yaitu psikologi secara tertulis dan wawancara.

Zainal Paliwang yang merupakan mantan WAKAPOLDA KALTARA ini menuturkan bahwa ketika masih menjadi anggota kepolisian sudah sering mengikuti tes psikotes sehingga tidak ada kesulitan dalam tes kali ini.

“Materi pendidikan juga begitu, Materinya sama,” ujarnya

Zainal mengatakan, dalam tesnya menggambar Ibu Rumah Tangga sebagai simbol keharmonisan, kesetiaan, ketaatan.

“Saya tadi gambar ibu rumah tangga lagi membakar ikan untuk persiapan makan siang suami. melambangkan keharmonisan, kesetiaan,dan ketaatan. Ya itu keharmonisan dalam satu rumah tangga,” ujarnya

Lanjut, Zainal mengatakan juga menggambar pohon Nangka yang sudah berbuah.

“Di situ perintahnya untuk menggambar bukan pohon bambu, bukan rerumputan. Tapi pohon yang ada batangnya, ada ranting dan cabang, ada buah dan daunnya. Saya pilih gambar pohon yang mudah, pohon nangka yang sudah berbuah,” Lanjutnya

Sementara untuk Yansen TP Menariknya, saat diminta menggambar pohon, dirinya memilih menggambar pohon meranti dan pohon mati.

“Saya menggambar pohon meranti karena saya suka rimbun, kan hijau,” ujarnya

“Saya juga menggambar pohon mati. Maknanya ya ketika kita tidak berguna jangan sedih, ketika berguna jangan sombong,” pungkasnya. (rk-2)

Comments
Loading...