Rajawali Kaltara
Rajawalikaltara.com dengan semangat baru, ingin menyajikan informasi-informasi lugas, terpercaya serta lebih akrab dengan masyarakat Kaltara.

Ambulans Air Sasar Warga Kurang Mampu yang Dirujuk

0 194

PROGRAM pelayanan kesehatan berupa Ambulans Air milik Dinas Kesehatan (Dinkes) Provinsi Kalimantan Utara (Kaltara), yang telah beroperasi sejak awal 2018 silam hingga tahun lalu, tercatat sudah puluhan pasien rujukan terlayani.

Khususnya untuk pasien dari Tanjung Selor ke Tarakan. Adanya Ambulans Air, untuk memberikan pelayanan bagi warga yang mengalami kesulitan transportasi. Utamanya, saat akan dirujuk ke rumah sakit milik provinsi yang ada di Tarakan. Sasarannya, warga atau pasien miskin, dan diberikan secara gratis. Dikatakan Kepala Dinkes Provinsi Kaltara, Usman, selain rute Tanjung Selor-Tarakan, ada juga permintaan dari kabupaten lain yang meminta bantuan, agar pasien rujukannya dijemput dan diantar ke RSUD Tarakan.

“Sudah puluhan pasien miskin terlayani lewat program ini. Tahun ini saja, dalam sebulan bisa lebih dari 10 pasien rujukan. Bahkan ada yang setiap hari,” ujar Usman.

Selain pasien yang membutuhkan rujukan, fasilitas ini juga melayani pasien dengan gangguan jiwa. “Memang kita utamakan untuk pasien miskin. Bukan berarti kita pilih-pilih dalam hal kesehatan. Semua warga tetap kita layani, hanya saja untuk pasien menengah ke atas kita bebankan biaya BBM,” ujar Usman.

Berkaitan prosedur untuk pemakaian Ambulans Air tersebut, cukup dengan menunjukkan surat rujukan dari rumah sakit setempat. Lalu dengan melampirkan BPJS (jika pasien tidak mampu) maupun surat keterangan tidak mampu (SKTM) dari desa.

Guna diketahui, Ambulans Air ini, pada 2018 sudah melayani 8 pasien, lalu pada 2019 sebanyak 19 pasien. Diinformasikan juga, dalam sebulan Ambulans Air mampu melayani 5 hingga 6 pasien.(humas)

Comments
Loading...