Rajawali Kaltara
Rajawalikaltara.com dengan semangat baru, ingin menyajikan informasi-informasi lugas, terpercaya serta lebih akrab dengan masyarakat Kaltara.

Cetak Hat Trick, Pemkot Tarakan Kembali Raih Opini WTP LKPD 2021

0 175
dd695767 ef10 4279 9472 e0e495437719
Foto : Spesial

 

TARAKAN – Pemerintah Kota Tarakan kembali mendapatkan opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) atas Laporan Keuangan Pemerintah Daerah Pemkot Tarakan tahun 2021 dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) Kalimantan Utara.

Capaian ini menambah prestasi Kota Tarakan yang meraih opini WTP tiga tahun berturut-turut. Capaian positif tersebut disampaikan langsung saat penyerahan Laporan Hasil Pemeriksaan Badan Pemeriksa Keuangan Republik Indonesia (BPK-RI) kepada Wali Kota Tarakan, dr. H. Khairul, M.Kes oleh Kepala Perwakillan BPK-RI Kaltara pada Selasa (10/5/2022), di Ruang Pertemuan Kantor Perwakilan BPK-RI Kaltara.

Dalam laporan ini, tercatat 817 rekomendasi yang disampaikan oleh BPK. Dari jumlah tersebut, 91,55 persen telah ditindaklanjuti dan sisanya masih dalam proses tindak lanjut.

Pemkot Tarakan dibawah kepemimpinan Wali Kota dan Wakil Walikota Tarakan Khairul-Effendi berkomitmen untuk meningkatkan rasio penyelesaian temuan hingga tuntas sebagai wujud komitmen dalam meningkatkan akuntabilitas.

“Kami ucapkan rasa syukurnya atas penilaian ini dan terima kasih kepada perwakilan BPK-RI Kaltara dan jajaran yang telah bekerja keras dalam melaksanakan audit, serta apresiasi kepada jajaran Perangkat Daerah yang telah menyajikan data selengkap-lengkapnya dan menindaklanjuti berbagai catatan oleh tim pemeriksa. Akuntabilitas merupakan bagian dari smart governance, yang merupakan bagian dari visi Tarakan sebagai kota maju dan sejahtera melalui smart city,” Ujar Khairul.

Akuntabilitas sendiri diharapkan dapat memberikan dampak bagi masyarakat secara luas. Wali Kota memaparkan bahwa indikator pembangunan dan kemakmuran di Kota Tarakan menunjukkan hasil yang lebih baik dibandingkan sebelumnya pertumbuhan ekonomi Tarakan berada di angka 4,02 persen tertinggi se-Kaltara, inflasi yang terkendali di angka 2,83 persen pada 2021, indeks pembangunan manusia berada angka 76,23 dan di atas rata-rata nasional, serta tingkat pengangguran terbuka turun ke angka 4,94 persen. (DS)

Comments
Loading...