Rajawali Kaltara
Rajawalikaltara.com dengan semangat baru, ingin menyajikan informasi-informasi lugas, terpercaya serta lebih akrab dengan masyarakat Kaltara.

Pondok Pesantren Daarul Ilmi Muhammadiyah Boarding School (MBS) Tarakan Sukses Gelar Cendikiawan Muslim Ke VIII

0 377

Rajawalikaltara.com, Tarakan- Pondok Pesantren Daarul Ilmi Muhammadiyah Boarding School (MBS) Tarakan sukses menggelar Cendikiawan Muslim Ke VIII Tahun 2023. Kegiatan tersebut berlangsung di Kampus II Putra MBS, Jalan Sei Bengawan Kelurahan Juara Permai Tarakan pada Kamis (9/11/23).

Kegiatan yang diikuti pelajar tingkat SD/MI/SMP Dan SMA Se Kota Tarakan tersebut berlangsung selama 3 hari mulai dari tanggal 9 hingga 11 November. Cendikiawan Muslim merupakan suatu agenda rutin yang dilaksanakan oleh Ponpes Daarul Ilmi Muhammadiyah di setiap tahunnya.

“Alhamdulillah hari ini kita melaksanakan sebuah event/agenda rutin pondok pesantren yang bernama Cendikiawan Muslim dan pada tahun ini kita melaksanakan Cendikiawan Muslim yang ke – 8 diikuti peserta yang cukup banyak,” terang Abdul Rahmat selaku Mudir Ponpes Daarul Ilmi Muhammadiyah Tarakan.

FB IMG 1699612207417
Abdul Rahmat, Mudir Ponpes Daarul Ilmi Muhammadiyah Boarding School Tarakan saat melakukan sambutan pada acara pembukaan Cendikiawan Muslim ke – VIII, Kamis (9/11/23) Sumber Gambar : Humas Ponpes Daarul Ilmi Muhammadiyah MBS Tarakan.

Adapun alasan dilaksanakannya kegiatan tersebut sebagai bentuk syiar bahwa Ponpes Daarul Ilmi Muhammadiyah memiliki sebuah agenda positif.

“Kita sebenarnya untuk Syiar bahwasanya Pondok Pesantren ini memiliki kegiatan positif yang melalui kegiatan yang diramu dalam bentuk beberapa Lomba dengan harapan mampu membangkitkan generasi muda cendikiawan muslim muda yang nanti mereka mampu berkiprah pada agama bangsa dan negaranya,” ungkap Pria yang akrab disapa UAR.

Peserta Cendikiawan Muslim ke VIII diikuti dari berbagai kalangan mulai tingkat SD/SMP/MI TPA & SMA Se Kota Tarakan dengan sistem merebutkan piala bergilir.

“Dibanding dari tahun sebelumnya, tahun ini cendikiawan Muslim diikuti 300an peserta, dari berbagai tingat mulai SD/SMP/MA/SMA lembaga TPQ Se Tarakan, Alhamdulillah antusiasnya sangat meningkat sekali,” terang Mudir Daarul Ilmi Muhammadiyah MBS Tarakan.

Adapun lomba yang dipertandingkan antara lain, Lomba Azan, Pidato, Syair, Cerdas Cermat Agama, Fahmil Quran dan lomba lainnya.

Dalam pelaksanaannya tersebut seluruh rangkaian kegiatan acara sepenuhnya dilaksanakan oleh Para Santri Daarul Ilmi Muhammadiyah MBS Tarakan. Hal ini mendapat apresiasi dari pihak Ponpes sendiri.

“Empat tahun terakhir Pelaksanaan Cendikiawan Muslim semua dihandle oleh para santri, kami para asatidz, guru-guru bahkan pimpinan Ponpes sendiri hanya sebatas mengawas dan membina, sehingga kedepan para santri ini sudah memiliki pengalaman dalam melakukan event atau kegiatan diluar nantinya,” ungkap Abdul Rahmat.

Seiring banyaknya yang turut berpartisipasi pada cendikiawan Muslim yang diinisiasi oleh Ponpes Daarul Ilmi Muhammadiyah Tarakan tersebut banyak mendapatkan apresiasi dari berbagai kalangan. Sehingga kedepan kegiatan serupa akan dilakukan kembali dengan skala yang cukup luas yakni tingkat Provinsi.

“Kedepan pihak Ponpes Daarul Ilmi Muhammadiyah MBS Tarakan akan melaksanakan dalam sekala lebih luas lagi bahkan ke tingkat provinsi, melihat dari keikutsertaan para peserta yang begitu sangat banyak serta didukung penuh oleh berbagai pihak,” tutup Mudir Daarul Ilmi Muhammadiyah Tarakan.

 

 

Comments
Loading...