Rajawali Kaltara
Rajawalikaltara.com dengan semangat baru, ingin menyajikan informasi-informasi lugas, terpercaya serta lebih akrab dengan masyarakat Kaltara.

Hj. Sri Sulartiningsih Menginspirasi Mahasiswa dengan Berbagi Pengalaman Usaha Transportasi Melalui Program Praktisi Mengajar

0 168

RajawaliKaltara.com, Tarakan – Program Praktisi Mengajar, sebagai bagian integral dari Kampus Merdeka, telah memberikan dorongan positif untuk mempersiapkan lulusan perguruan tinggi memasuki dunia kerja. Inisiatif ini, di bawah naungan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia, memfasilitasi kolaborasi antara praktisi ahli dan dosen perguruan tinggi.

Program ini menjembatani pertukaran ilmu dan keahlian yang mendalam melalui mata kuliah yang diadakan baik secara luring maupun daring. Diharapkan, melalui partisipasi praktisi, mahasiswa dapat memperoleh keterampilan yang relevan dengan tuntutan dunia kerja.

Berbeda dari pendekatan perkuliahan konvensional, Praktisi Mengajar menawarkan ruang kolaborasi antara dosen dan praktisi selama satu semester. Program ini diharapkan melengkapi kurikulum yang ada, memberikan mahasiswa pengalaman praktis dan keterampilan yang sesuai dengan kebutuhan industri.

Universitas Borneo Tarakan (UBT) menjadi salah satu tempat pelaksanaan program ini, khususnya di Fakultas Ekonomi. Mahasiswa semester 7 di fakultas tersebut mendapatkan kesempatan berharga untuk belajar tentang usaha di bidang jasa transportasi. Materi disampaikan oleh pengusaha wanita berpengalaman, Hj. Sri Sulartiningsih, yang juga menjabat sebagai Ketua Ikatan Wanita Pengusaha Indonesia (Iwapi) Kaltara.

Selain teori, mahasiswa juga diajak ke lapangan dengan mengunjungi Pabrik PT. Sadewa Gemilang Industri, perusahaan galangan kapal di Kelurahan Kampung Empat Tarakan. Hj. Sri berharap pengalaman ini dapat memberikan pemahaman praktis kepada mahasiswa.

Hj. Sri Sulartiningsih, S.Ikom., M.Ikom saat memberikan materi kepada para mahasiswa saat di Galangan milik PT Sadewa Gemilang Industri yang merupakan milik dari Hj. Sri Sulartiningsih.

Kesan yang diperoleh oleh Hj. Sri adalah sangat enjoy dan bersemangat menularkan ilmu dan pengalaman dilingkungan kampus UBT. Selain menambah silaturahmi, tentunya bisa mengasah otak kembali agar ilmu yang didapat terus bisa ditularkan kepada mahasiswa dan berbagi pengalaman bisnis.

“Saya memberikan kuliah praktikum Mahasiswa Fakultas Ekonomi Management Universitas Borneo Tarakan di Perusahaan Galangan Kapal PT Sadewa Gemilang Industri. Semoga beberapa materi yang sudah saya berikan bisa menambah ilmu dan wawasan para Mahasiswa sehingga mereka nanti nya akan menjadi pengusaha besar yang sukses,” ungkap Hj. Sri.

Hj Sri Sulartiningsih, S.Ikom,. M.Ikom saat bersama para mahasiswa Universitas Borneo Tarakan Fakultas management Ekonomi saat melakukan praktisi Mengajar.

Program ini tidak hanya berfokus pada bidang transportasi, melainkan juga membuka peluang bagi mahasiswa untuk mendapatkan pengalaman praktikum di berbagai perusahaan melalui Visit Company. Dengan demikian, diharapkan para mahasiswa dapat memiliki persiapan yang lebih holistik dan relevan untuk menghadapi tantangan dunia kerja.

Ditambahkan Hj Sri bahwa pertemuan tersebut akan dilakukan beberapa kali pertemuan sehingga mahasiswa bisa mendapatkan materi dengan cukup maximal.

“Kuliah praktisi mengajar diberikan beberapa kali pertemuan dalam 1 semester, sehingga pemberian materi dan praktikum akan bisa maksimal didapat oleh mahasiswa jurusan Ekonomi Managemen semester 7 sehingga mereka akan paham antara materi dan aplikasi kerja dunia nyata”, Ungkap Nya.

Kegiatan praktisi mengajar ini akan dilakukan juga untuk di fakultas jurusan lain yang berhubungan dengan keilmuan Hj. Sri Sulartiningsih, S.Ikom, M.Ikom

Kedepan tidak hanya Universitas Borneo Tarakan saja hal itu diungkapkan Hj. Sri Sulartiningsih,S.Ikom, M.Ikom “tidak menutup kemungkinan akan mengisi di beberapa perguruan tinggi yg ada di Kaltara”, Tutup Hj Sri.

Comments
Loading...