Rajawali Kaltara
Rajawalikaltara.com dengan semangat baru, ingin menyajikan informasi-informasi lugas, terpercaya serta lebih akrab dengan masyarakat Kaltara.

KPw BI Kaltara Bakal Launching Pengunaan Uang Digital, Berikut Kelebihan Bagi Pengguna nya

0 195
CDBC 1 01
Poto Istimewa,(Google).

Rajawalikaltara.com, Tarakan – Seiring dengan canggih nya perkembangan teknologi dizaman sekarang membuat segala sesuatu akan menjadi mudah, Salah satu nya yakni yang akan diadakan dalam waktu dekat launching pengunaan uang elektronik, Uang Digital atau e-money, Uang Digital merupakan alat pembayaran yang berbentuk elektronik di mana nilai uangnya disimpan dalam media elektronik tertentu, biasanya transaksinya membutuhkan jaringan internet karena pemakaiannya menggunakan perangkat seperti telepon pintar atau komputer.

Bank Indonesia (BI) akan menerbitkan mata uang rupiah digital atau Central Bank Digital Currency (CBDC), Penerbitan mata uang rupiah digital ini dilatarbelakangi oleh maraknya aset kripto yang mulai banyak digunakan sebagai efisiensi sistem keuangan di era digital

Menangapi hal tersebut pihak Perwakilan Bank Indonesia provinsi Kalimantan Utara yang dalam hal ini Kepala Tim Implementasi Sistem Pembayaran Pengolahan Uang Rupiah dan Manajemen Intern KPwBI Kaltara, Dodi Hermawan Mengatakan ” yah kita tunggu saja, nanti dari pihak kami juga akan melakukan sosialisasi terlebih dahulu kepada masyarakat terkait penggunaan dari aplikasi uang digital ini,Kami berharap dari rekan – rekan media agar bisa membantu kami untuk memberikan informasi seluas luas nya kepada masyarakat terhadap hal ini” Ujar Dodi Hermawan.

IMG 20200402 WA0041
Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Kalimantan Utara.

Berikut anda harus mengetahui kelebihan bagi anda yang ingin mengunakan aplikasi uang digital

Dari sisi faktor kenyamanan dan aksesibilitas

Saat melakukan transaksi, Anda tak lagi perlu membawa uang tunai atau mengunjungi ATM. Bahkan Anda tak perlu hadir secara fisik untuk melakukan pembayaran tersebut. Anda dapat melakukan transaksi dimana saja dan kapan saja dengan uang digital.

Praktis dan aman

Uang tunai memiliki kecenderungan untuk menempati makin banyak ruang penyimpanan sedangkan uang digital hanya biasanya berbentuk server based yang memakan sedikit tempat atau bisa digunakan via smartphone bawaan masing-masing. Bentuk uang digital lebih praktis sekaligus lebih aman saat Anda gunakan untuk bertransaksi.

Yang pasti nya Mudah dan praktis

Dibanding membawa uang cash dalam jumlah yang banyak, tentunya uang elektronik ini bisa lebih efisien dan praktis. Pasalnya, pengguna yang bertransaksi hanya memerlukan satu kartu atau aplikasi di smartphone dan tidak perlu membawa berlembar-lembar uang cash dan tentu nya aman dari segala bentuk kriminalitas seperti perampok serta pencurian.

Meskipun pihak BI Kaltara telah meluncurkan alat pembayaran sebelum nya yakni berupa QRIS, QRIS adalah Quick Response Code Indonesian Standard merupakan standar kode QR Nasional untuk memfasilitasi pembayaran kode QR di Indonesia yang diluncurkan oleh Bank Indonesia dan Asosiasi Sistem Pembayaran Indonesia (ASPI) pada 17 Agustus 2019, Terlihat saat Scand Code ini sudah berada dibeberapa pusat perbelanjaan, Cafe and Resto serta beberapa tempat lain nya, QRIS.id sudah digunakan lebih dari 416 Kabupaten dan 98 Kota di seluruh penjuru Indonesia.

 

 

 

 

 

 

 

Comments
Loading...