Rajawali Kaltara
Rajawalikaltara.com dengan semangat baru, ingin menyajikan informasi-informasi lugas, terpercaya serta lebih akrab dengan masyarakat Kaltara.

677 Pantarlih Siap Melakukan Coklist Di 20 Kelurahan, KPU : Kami Mengajak Agar Masyarakat Aktif Memberikan Data

0 179

 

 

RajawaliKaltara.com, Tarakan – Dalam rangka pencocokan dan penelitian (coklit) Wali Kota Tarakan Khairul Mengajak dan Menghimbau agar masyarakat khusus nya Tarakan dapat memberikan data yang benar kepada panitia pemutakhiran data pemilih (pantarlih).

 

Hal tersebut disampaikan Wali Kota usai menerima pantarlih di rumah jabatannya, pada Senin (13/02/23). Hadir dalam kegiatan tersebut Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Tarakan, Nasruddin beserta jajarannya.

 

Saya mengimbau masyarakat agar kooperatif untuk mengisi data,” ujar Wali Kota saat menjumpai awak media.

 

Menurut nya masyarakat Tarakan bersedia untuk di datangi serta di data oleh panitia pemutakhiran data pemilih atau (Pantarlih). hal tersebut dilakukan agar pada saat pencoblosan nanti nya bisa terdata dan mempunyai hak suara untuk memilih.

 

Untuk update sementara data yang dipegang KPU, menurut Wali Kota, sangat tergantung dari masyarakat yang menginformasikan, kemungkinan ada perubahan data setiap di keluarganya atau tidak.

 

“Kalau tidak diupdate tentu nanti akan menimbulkan masalah di belakang,” ungkapnya.

 

Wali Kota mengaku bahwa waktu yang dibutuhkan tidak lah terlalu lama karena mencocokkan antara data KPU dengan Data yang dimiliki oleh setiap kepala keluarga dalam hal ini yang masih terdaftar dalam Kartu Keluarga.

 

“Prosesnya cepat saja karena memang data-datanya sesuai, Ini kan pembaruan data lama saja, dari KPU tinggal mengapdate, apakah masih cocok yang lama sama yang ada sekarang,” tuturnya.

 

KPU Tarakan mulai melakukan coklit sejak 12 Februari 2023, sesuai tahapan pemilu 2024. Diawali mulai dari tokoh masyarakat hingga menyeluruh kepada seluruh lapisan masyarakat nanti nya.

 

Kegiatan ini akan berakhir pada 14 Maret 2023, di mana KPU Tarakan menurunkan 677 petugas pantarlih yang tersebar di 20 kelurahan.

 

IMG 20230213 WA0024
Nasruddin, Ketua KPU Tarakan saat dijumpai Awak media, Senin (13/02/23). Sumber gambar : Koleksi Pribadi

“Hari pertama kita maksimalkan dulu untuk tokoh-tokoh masyarakat. Salah satunya pak wali. Semangatnya untuk mengajak semua masyarakat yang lain untuk bisa aktif, menjemput petugas kami yang datang ke rumah masing-masing,” ujar Ketua KPU Tarakan, Nasruddin.

Comments
Loading...