Rajawali Kaltara
Rajawalikaltara.com dengan semangat baru, ingin menyajikan informasi-informasi lugas, terpercaya serta lebih akrab dengan masyarakat Kaltara.

Kerajinan Kelompok Kerenawan Lemiyan Hasilkan Produk Lokal Made In Sekatak

0 365

RajawaliKaltara.com, Bulungan – Kelompok Kerajinan Kerenawan Lemiyan merupakan salah satu unit Usaha yang bergerak di bidang Usaha Mikro Kecil dan Menengah atau UMKM yang menghasilkan Produk Lokal dari Kecamatan Sekatak, Kabupaten Bulungan Provinsi Kalimantan Utara, UMKM merupakan usaha produktif yang dimiliki perorangan maupun badan usaha yang telah memenuhi kriteria sebagai usaha mikro.

Secara bahasa Kerenawan Lemiyan memiliki arti yakni Prempuan Tua Paling Cantik yang berasal dari bahasa suku Dayak. Kerajinan tersebut sudah berdiri sejak 2016 dan telah memasarkan hasil produksi hingga ke luar Kalimantan, seperti di pulau Jawa, Jogjakarta dan daerah lain nya di Indonesia.

Kelompok Kerenawan Lemiyan sendiri terbentuk Melalui Surat Keputusan atau SK Camat Sekatak dengan No Surat 05/CM-UM/VI/2022 yang terdiri dari 4 Suku Yakni, Bulusu, Punan, Bulungan dan Tidung yang berasal dari masing-masing desa yang berada Di kecamatan Sekatak.

Tim Pewarta Rajawalikaltara.com Berkesempatan mengunjungi Rumah Produksi Galery Kerenawan Lemiyan dan bertemu langsung dengan sang pemilik

IMG 4251 scaled
Salah satu hasil dari Produk Lokal Kerenawan Lemiyan Made In Sekatak, Jumat (24/03/23).

“Jadi kami dahulu bergerak melalui mandiri mas dan kami menjadi salah satu yang ada di kecamatan Sekatak dikenal sebagai kelompok pengrajin yang menghasilkan Produk Lokal bahkan Se Kabupaten Bulungan kami sudah banyak diketahui karena saat ini kami sudah bergabung bersama Dekranasda Kabupaten Bulungan,” Kata Patmawati selaku Owner dari Kerenawan Lemiyan pada Jum’at,(24/03/23).

Dari Hasil produksi nya Tersebut Patmawati mengatakan sudah pernah mengikuti Event tidak hanya diarea Kalimantan saja bahkan sudah keluar seperti pulau Jawa.

“Hasil produksi kami sudah mulai di ketahui oleh orang luar seperti pada saat kami mengikuti Event yang di selenggarakan oleh pihak BI perwakilan Kaltara ditarakan dan daerah Jawa,” Ungkap nya.

Beberapa Produk yang dibuat oleh Kelompok Kerajinan Kerenawan Lemiyan tersebut antara lain, Tas Talun, Tas Rotan, Tas Pandan, serta Aksesoris Manik manik dan yang lebih menarik nya lagi seluruh pekerja Ia ambil dari warga setempat untuk ia jadikan sebagai karyawan atau tenaga kerja didalam membuat berbagai macam jenis kerajinan khas dari Sekatak.

“Jadi Mulai dari yang mengambil rotan, membersihkan nya, hingga pembuatan jadi seperti tas yang siap untuk di pasarkan, itu semua masing -masing tenaga kerja nya, jadi kita libatkan warga penduduk setempat didalam pengerjaan setiap produk yang kami hasilkan,” Ujar Patmawati.

Harga dari produk hasil buatan Kerenawan Lemiyan bekisar mulai dari Rp.70.000 Hingga yang paling tinggi Rp.1 Juta Rupiah dan hasil nya pun sangat cantik sekali, Harga Tersebut disesuaikan dengan rumit nya pengerjaan sebuah produk yang di hasilkan.

 

“Kadang paling lama 5 hari sudah selesai, karena kami masih pake sistem manual yakni mengunakan tangan jadi pengerjaan nya cukup teliti dan hasil nya pun sangat memuaskan hati, Biasa nya yang membutuhkan waktu hingga sebulan itu pengerjaan tikar dari rotan,” Pungkas Owner Kerenawan Lemiyan.

Tidak hanya Produk Tas dari rotan, kulit kayu dan Aksesoris saja, Namun Kelompok Kerajinan Kerenawan Lemiyan juga Mengolah Pangan Lokal yakni Tepung Mocaf, Talas, Pisang, Ubi Jalar, Aneka Kripik, Teh, Penyedap Rasa, Jamu Instan serta Madu Hutan dan tidak lupa juga tetap melestarikan Seni budaya lokal seperti ukiran, manik dan pakaian Adat.

Bagi anda yang penasaran dengan hasil produk lokal Made In Kerenawan Lemiyan langsung saja tentukan jadwal anda untuk segera berkunjung ke Galery Kerenawan Lemiyan yang beralamatkan di Desa Maritam, Kecamatan Sekatak, Kabupaten Bulungan Provinsi Kalimantan Utara atau bisa menghubungi langsung Owner dari Kerenawan Lemiyan. (Patmawati : 0823-5329-2192)

 

 

Comments
Loading...