Rajawali Kaltara
Rajawalikaltara.com dengan semangat baru, ingin menyajikan informasi-informasi lugas, terpercaya serta lebih akrab dengan masyarakat Kaltara.

Penguatan Kepemimpinan, Pemuda Muhammadiyah Bulungan Sukses gelar Baitul Arqam Dasar

0 274

RajawaliKaltara.com, Bulungan – Pimpinan Daerah Pemuda Muhammadiyah (PDPM) Kabupaten Bulungan sukses melaksanakan Baitul Arqam Dasar (BAD) tahun 2023 mengangkat tema “Meneguhkan Eksistensi Gerakan Kader untuk Penguatan Kepemimpinan Pemuda Muhammadiyah Bulungan”, Kegiatan yang berlangsung selama dua hari, Sabtu-Ahad, 08-09 April 2023 tersebut digelar di Gedung SD Muhammadiyah Tanjung Selor.

Ketua Pimpinan Daerah Pemuda Muhammadiyah (PDPM) Kabupaten Bulungan, Aslan menyampaikan ucapan terima kasihnya kepada seluruh kader perserikatan dan seluruh pihak yang telah mensukseskan BAD PDPM Bulungan tahun 2023 ini.

“Ucapan terima kasih kami kepada Pimpinan Daerah Muhammadiyah (PDM), ‘Aisyiyah, dan Organisasi Ortom, serta seluruh pihak yang telah mensuport serta mendukung kegiatan ini hingga dapat terlaksana dengan baik,”urainya. Selanjutnya, Aslan menyampaikan dengan adanya BAD sebagai pengkaderan formal, maka terbentuk pola fikir, pemahaman (ideologi) bermuhammadiyah yang baik pada setiap kader pasca pelatihan ini”

Lanjut “Kader Pemuda Muhammadiyah harus memiliki 5 point penting. Pertama, Cerdas. Setiap kader harus memiliki kecerdasan yang cukup untuk bisa mengemban amanah, memahami dan menyelesaikan masalah, mencari solusi untuk umat dan bangsa. Kedua, Sehat Jasmani. Kader harus memiliki kesehatan jasmani yang baik, sehingga dapat optimal dalam menjalankan tugas dan jabatannya di organisasi. Ketiga, Berkahlak baik. Seorang kader tentu akan menjadi contoh suri tauladan bagi anggota dan bawahannya, tentu harus memiliki akhlak yang baik. Keempat, Aqidahnya benar, lurus. Kader harus memiliki akidah yang bersumber pada Al-Qur’an dan Assunnah, yang menghantarkan dirinya dan anggotanya ke jalan yang dirihoi oleh Allah SWT. Kelima, terampil. Pemuda Muhammadiyah harus memiliki keterampilan yang baik sesuai keahlian masing-masing kader”

IMG 20230410 WA0014
Penyampaian Oleh pemateri kepada seluruh Peserta Baitul Arqom Dasar yang di selenggarakan oleh Pimpinan Daerah Pemuda Muhamadiyah Kabupaten Bulungan, Ahad (09/04/23).

Sementara, Sebelum membuka acara BAD secara resmi, Bapak H. Mardiman, Ketua Pimpinan Daerah Muhammadiyah Kabupaten Bulungan menekankan pentingnya peran serta Pemuda Muhammadiyah dan mengembangkan dan memajukan Persyarikatan Muhammadiyah. “ditangan para Pemuda Muhammadiyah-lah, persyarikatan ini akan dilanjutkan. Saya berharap, BAD ini menjadi bagian pemicu semangat dan memperdalam pemahaman tentang Muhammadiyah,”

Terakhir Aslan menyampaikan bahwa Adapun Rencana Tindak Lanjut yang dihasilkan dalam BAD para kader akan melaksanakan Kajian, Bakti sosial, kemudian mengikuti pengajian rutin, serta membantu peningkatan amal usaha Muhammadiyah di Bulungan serta pembentukan Pimpinan Cabang Pemuda Muhammadiyah Tanjung Selor, Tanjung Palas, Tanjung Palas Timur, Tanjung Palas Barat dan Tanjung Palas Tengah.

Comments
Loading...