Rajawali Kaltara
Rajawalikaltara.com dengan semangat baru, ingin menyajikan informasi-informasi lugas, terpercaya serta lebih akrab dengan masyarakat Kaltara.

Berlangsung Dengan Khidmat Sholat Idul Fitri Bagi Warga Muhammadiyah, Syamsi Sarman: Fitrah Adalah Kembali Kepada Ummat Yang Unggul

0 520

RajawaliKaltara.com, Tarakan- Muhammadiyah telah menetapkan perayaan Idul Fitri pada Jumat (21/04/23) hari ini, seperti pelaksanaan Salat Ied yang dilaksanakan di salah satu titik di Tarakan , tepatnya Taman Berlabuh yang terlihat dipadati ribuan jamaah pagi tadi.

Kegiatan salat Ied dilaksanakan sekitar pukul 07.15 WITA. Kegiatan salat Idul Fitri 1444 Hijriah Muhammadiyah tahun ini disebar di beberapa titik di Tarakan. Namun untuk tahun ini dipusatkan di Taman Berlabuh, Jembatan Besi Kota Tarakan.

Pimpinan Wilayah Muhammadiyah Provinsi Kaltara, H. Syamsi Sarman, yang bertindak sebagai Khotip dalam pelaksanaan tersebut menilai tahun ini adalah momen Idul Fitri paling berkesan dan berkah. Ia mengungkapkan, sebelum memasuki 1 Syawal Idul Fitri hari ini, ada ujian berat.

“Lebih berat daripada tidak makan minum, capek berterawih. Beratnya karena kita sedang berbeda. Di sana sini orang saling menyalahkan mencaci, ini lah ujian yang berat. Harusnya dengan puasa dan tarawih dilakukan semua pihak bisa menahan diri, itulah buah dari puasa,” terangnya.

Sehingga tema khutbah yang disampaikan di tahun ini membahas mengenai bagaimana definisi fitrah adalah kembali kepada umat yang unggul.

IMG 20230421 WA0013
Syamsi Sarman, selaku Ketua Pimpinan Wilayah Muhammadiyah Kalimantan Utara bertindak sebagai Khotib pada pelaksanaan Sholat Idul Fitri warga Muhammadiyah, Taman Berlabuh, Jum’at (21/04/23).

“Salah satu ciri umat yang unggul adalah umat yang cerdas. Cerdas menyikapi perbedaan. Hanya perbedaan sehari saja, lebih lama dari itu, kita berbeda qunut setiap hari, setiap subuh beda qunut, kenapa setahun sekali berbeda kita tidak bisa, itulah ciri umat yang unggul itu cerdas,” papar H.Syamsi Sarman.

Saat naik ke atas mimbar, ia mengakui melihat lautan manusia dan tak ada celah kosong baik saf laki-laki dan perempuan. Ia juga tak menyangka jika yang datang hanyalah dari keluarga besar Muhammadiyah. “Saya yakin lebih dari itu, ada simpatisan, ada yang sependapat yakin hari ini 1 Syawal,” terangnya.

Selain itu, untuk sebaran pelaksanaan salat Idul Fitri kali ini selain di Taman Berlabuh juga ada di Masjid Ar Fakhruddin, Kecamatan Tarakan Utara dengan khatib Uztaz Muhammad Maliki, dan Imam Idem. Kemudian di Tarakan Barat, salat dilaksanakan di Masjid Ibadurrahman, SMAN 1 Tarakan, dan SMKN 2 Tarakan.

Sedangkan di Kecamatan Tarakan Timur, pelaksanaan salat dilakukan di Masjid Daruss’adah Skip. Kecamatan Tarakan Timur, salat dilaksanakan di PDM Masjid Al Amin Taman Berlabuh dengan khatib Uztas Syamsi Sarman dan Imam Uztaz Ahmad Marzuki. Kemudian juga dilaksanakan di Masjid Al Mutjahidah Mamburungan. Pelaksanaan sengaja disebar di empat kecamatan agar jemaah bisa menjangkau di lokasi terdekat.

“Di kabupaten lainnya, salat dilaksanakan di halaman Kantor Camat Malinau Kota, kemudian di Musala An-Nur Tana Tidung, dan di halaman SMA Muhammadiyah Nunukan,” sebutnya.

Ia melanjutkan, adapun open house lanjut H.Syamsi Sarman, sudah ada instruksi Muhammadiyah pusat agar melaksanakan open house bersama dengan momen Idul Fitri yang ditetapkan pemerintah.

“Jadi open house baru dilaksanakn besok. Menjaga perasaan saudara-saudara kita yang masih berpuasa, kami bisa melaksanakan salat tahun ini hari ini sudah syukur. Ini bagian toleransi, jangan menunjukkan kita sudah happy makan-makan, tidak begitu. Ini instruksi pusat, open house sama-sama dilaksanakan besok,” tutupnya.

Comments
Loading...