Rajawali Kaltara
Rajawalikaltara.com dengan semangat baru, ingin menyajikan informasi-informasi lugas, terpercaya serta lebih akrab dengan masyarakat Kaltara.

Pancasila Fest Dimulai di Ende, GMKI Upayakan Indonesia Menuju Net Zero Emissions

0 86

RajawaliKaltara.com, ENDE – Ketua Umum Gerakan Mahasiswa Kristen Indonesia (GMKI), Jefri Gultom memastikan, roadshow dari perhelatan akbar GMKI bertajuk Pancasila Fest sudah dimulai dari Ende, Nusa Tenggara Timur. Jefri menjelaskan, Pancasila Fest kali ini mengambil judul “Ekspresi Pancasila, Satu Indonesia”.

“Pancasila Fest adalah konsolidasi kebangsaan dan kampanye lingkungan sinergitas menuju Net zero emissions,” kata Jefri dalam keterangan diterima, Minggu (28/5/2023).

Jefri mengungkap, Pancasila Fest Chapter Ende diawali dengan Seminar Pancasila dan Workshop Lingkungan. Selanjutnya, dilakukan penanaman pohon di Ende Timur tepatnya di kelurahan Rewarangga. Hal ini dilakukan sebagai bentuk dukungan Nationally Determined Contribution (NDC) 2030 atau komitmen GMKI terhadap situasi perubahan iklim di Indonesia yang ingin mencapai target penurunan emisi.

“Perlu diketahui bahwa pada tahun 2022, Pemerintah Indonesia mengumumkan peningkatan target baru penurunan emisi demi menjaga kenaikan suhu bumi sebesar 1,5°C. Pemerintah Indonesia menaikkan target penurunan emisi dengan kemampuan sendiri dari 29 persen menjadi 31,89 persen,” jelas Jefri.

Jefri mengungkap, target penurunan emisi merupakan akumulasi dari lima sektor, yaitu lahan dan kehutanan, energi, industri, limbah, dan pertanian. Dia memastikan, komitmen iklim Indonesia sudah tertuang dalam dokumen Enhanced Nationally Determined Contribution (ENDC).

Soal pemilihan Ende sebagai awal pembukaan Pancasila Fest, Jefri menyebut Ende adalah kota yang penuh filosofis dari Bung Karno saat merumuskan Pancasila.

“Bung Karno melihat Pancasila, melihat Indonesia yang terbentuk kuat dari Sabang sampai Merauke,” bangga Jefri.

Dukung Penuh Kampanye Lingkungan Kurangi Emisi Karbon

Sementara itu, Djafar H. Achmad selaku Bupati Ende berterima kasih telah memilih Ende sebagai awal Pelaksanaan Pancasila Fest. Dia pun mendukung penuh upaya Ketua Umum dan PP GMKI dalam upaya membumikan Pancasila plus kampanye lingkungan dalam mengurangi emisi karbon.

Djafar juga mendukung juga aktifnya kembali GMKI Cabang Ende dalam pembinaan Generasi muda di Kabupaten Ende. Dia percaya, GMKI dapat menjadi wadah yang menularkan rasa cinta kita terhadap bangsa ini dan anak cucu kita dapat merasakan keindahan alam kita.

“Jadi aktifnya GMKI di Ende dapat membantu memberikan pemikiran untuk kemajuan daerah,” yakin dia.

Arnol Nggadas, kordinator wilayah VII PP GMKI mengatakan pelaksanaan Pancasila Fest menjadi konsolidasi cabang-cabang wilayah NTT diharap bisa terus menjaga Pancasila dan kekayaan Alam NTT.

“GMKI mendukung penuh program BBM Satu Harga milik Pertamina sebagai program nyata yang mempersatukan Indonesia dan menghargai keberagaman umat beragama di Indonesia melalui pemerataan akses energi dan menjalankan perintah Presiden Jokowi membangun Negeri dari pinggiran Indonesia.

 

Comments
Loading...