Rajawali Kaltara
Rajawalikaltara.com dengan semangat baru, ingin menyajikan informasi-informasi lugas, terpercaya serta lebih akrab dengan masyarakat Kaltara.

Perum Bulog Cabang Tarakan Kembali Salurkan Bantuan Pangan Beras Tahap 2

0 147

RajawaliKaltara.com, Tarakan – Perum Bulog Cabang Tarakan bersama dengan Pemerintah Kota Tarakan secara simbolis kembali menyalurkan bantuan pangan beras sebanyak 210 Ton penugasan dari Badan Pangan Nasional tahun 2023 tahap 2, Kegiatan tersebut berlangsung di Halaman Gudang Perum Bulog, Kelurahan Lingkas Ujung Tarakan, Kamis (21/09/23).

Pemberian Bantuan Pangan Beras tersebut merupakan program Badan Pangan Nasional yang di distribusikan dalam 2 tahap. Tahap 1 sudah di salurkan kepada 8.481 Kelompok Penerima Manfaat (KPM). Sedangkan untuk tahap 2 akan disalurkan sebanyak 7.509 Kelompok Penerima Manfaat (KPM).

IMG 20230922 WA0109
Bersama dengan Pemerintah Kota Tarakan serta dinas terkait, Perum Bulog Tarakan Melakukan Sesi foto bersama usai kegiatan, Kamis (21/09/23). Sumber Gambar : Humas Perum Bulog Tarakan

 

Pimpinan Cabang Bulog Tarakan , Apriansyah menyampaikan program bantuan pangan beras penugasan pemerintah melalui Badan Pangan Nasional ini dalam rangka bantuan pangan bagi masyarakat kurang mampu tahap kedua untuk jangka waktu alokasi bulan September, Oktober dan November 2023 dengan jumlah 7 ribu Keluarga Penerima Manfaat (KPM) khusus Tarakan.

“Jadi tiga bulan alokasi, sama dengan bantuan tahap pertama. Setiap Keluarga Penerima Manfaat (KPM) masing-masing mendapatkan 10 kg/bulan, dikali tiga maka sekali terima 30 kg untuk tiga bulan alokasi,” kata Apriansyah di Gudang Beras Bulog, Lingkas Ujung Kamis (21/09/23).

20230221151217 IMG 1843 scaled
Apriansyah, Pimpinan Cabang Perum Bulog Tarakan, Sumber Gambar : Humas Perum Bulog Tarakan

Kuantum beras yang akan disiapkan untuk 1 bulan alokasi sebanyak Penyaluran tahap dua ini, dilakukan oleh PT JP Logistics Beyond Solutions yang bertugas sebagai transporter.

Demi kelancaran penyaluran beras tersebut, Pimpinan Cabang Bulog Tarakan berharap dukungan dan bantuan semua pihak, terutama pemerintah membantu beban pengeluaran dan mengakomodir kebutuhan masyarakat untuk mendapatkan bahan pokok komoditas beras.

Apriansyah menambahkan, program bantuan pangan beras merupakan bagian dari kehadiran dan perhatian pemerintah dalam situasi fluktuasi harga beras dan merupakan salah satu instrumen untuk menangani tekanan inflasi di daerah.

Untuk tahapan penyaluran Perum Bulog Tarakan bekerjasama dengan pihak kelurahan agar warga yang mendapat Manfaat tersebut tepat sasaran.

“Jadi kami akan bekerjasama dengan pihak kelurahan yang ada untuk menyalurkan bantuan pangan tersebut sehingga nanti setiap warga bisa langsung datang ke kantor kelurahan Masing-masing untuk mendapatkan Beras Bantuan Pangan dari pemerintah tersebut”, Pungkas nya.

Wali Kota Tarakan, Dr. Khairul M. Kes Pemkot Tarakan sampaikan apresiasi kepada pemerintah pusat melalui Perum Bulog Cabang Tarakan dalam upaya mengatasi kesulitan pangan di Tarakan.

Presiden menginstruksikan agar bisa cepat disalurkan bantuan pangan beras tahap 2 ini “ ujar Wali Kota . Dijelaskan hal tersebut dikarenakan sekarang musim paceklik yang disebabkan el nino sehingga menyenangkan banyak petani yang gagal panen dan berpengaruh kepada kenaikan inflasi.

Harapannya penyaluran bantuan ini bisa bisa membantu masyarakat dalam memenuhi kebutuhan pokok sehari – hari, menjaga daya beli masyarakat terutama yang berpenghasilan rendah, dapat menekan laju kenaikan harga beras dan penegendalian inflasi.

 

Comments
Loading...