Rajawali Kaltara
Rajawalikaltara.com dengan semangat baru, ingin menyajikan informasi-informasi lugas, terpercaya serta lebih akrab dengan masyarakat Kaltara.

Pekan Budaya Tarakan, Kormi Perlombakan 7 Olahraga Tradisional

0 87

RajawaliKaltara.com, Tarakan- Pelaksanaan Pekan Budaya dan Iraw Tarakan kali ini, juga turut melibatkan komite olahraga rakyat ( Kormi) Kota Tarakan, dimana dalam pelaksanaan pekan budaya juga diisi tujuh olahraga rakyat, yang dilaksanakan di stadion Datu Adil dan Pantai Amal Kota Tarakan.

Ketua penyelenggara olahraga permainan tradisional atau Kormi, Agus Sutanto, menyampaikan bahwa dalam meramaikan acara pekan budaya daerah, selain dilakukan festival budaya, kegiataan tersebut juga melibatkan pihak Kormi Tarakan, dengan menggelar 7 cabor olahraga inorga yang diperlombakan.

“Diantaranya adalah panahan tradisional, yang telah dilaksanakan pada tanggal 1 oktober 2023 kemarin, dan akan di eksebisikan pada saat acara afeksi di tanggal 8 oktober di taman berlabuh,” jelasnya.

Sedangkan untuk olahraga lainnya seperti Enggrang, Asinan, Domino, Gasing, Tarik Tambang, dan Layang-Layang, akan kembali dilakukan mulai besok sampai dengan tanggal 6 oktober 2023.

Dan dari 7 olahraga tersebut, finalnya akan di pertandingkan pada saat pelaksanaan Afeksi yang akan di adakan di Taman Berlabuh, sekaligus eksebisi dengan tamu dalam pelaksanaan afeksi regional Kalimantan.

“Artinya untuk saat ini dari pihak panitia baru melakukan perlombaan olahraga tradisional panahan, hal ini dikarenakan untuk olah raga panahan banyak diikuti oleh pelaja, sehingga harus menyesuaikan dengan waktu libur,” terangnya.

Selain itu, untuk jumlah kelas yang di pertandingan di olahraga panahan kemarin, hanya dua kategori yaitu Barebow dan Horsebow, dengan jarak yang digunakan yakni 20 meter, 40 meter, dan 10 meter, yang diikuti oleh 10 kelas baik kelas pelajra maupun kelas umum.

Ia juga menyampaikan jika untuk juara panahan, dari pihak panitia saat ini masih melakukan rekapan pemenang, dan nantinya untuk juara lomba Panahan akan di umumkan pada saat kegiatan Afeksi di taman berlabuh.(*)

 

Comments
Loading...