Rajawali Kaltara
Rajawalikaltara.com dengan semangat baru, ingin menyajikan informasi-informasi lugas, terpercaya serta lebih akrab dengan masyarakat Kaltara.

Lomba Egrang diikuti Oleh SMP Negeri dan Swasta Se- Tarakan

0 127

RajawaliKaltara.com, TARAKAN- Perlombaan tradisional Egrang juga ikut dimainkan dalam rangka memperingati pesta budaya Iraw Tengkayu XII kota Tarakan tahun 2023, yang dilaksanakan di stadion Datu Adil pagi tadi, dan diikuti sekitar 18 SMP Negeri dan swasta se-kota Tarakan.

Koordinator lomba Egrang, Ridwan menyampaikan bahwa pertandingan Egrang ini dilaksanakan mulai pagi tadi hingga pada tanggal 8 oktober besok, dimana untuk pelaksanaan di mulai tanggal 4 hingga 6 oktober merupakan pelaksanaan seleksi, dan selanjutnya pada tanggal 8 oktober, akan dilakukan pertandingan final taman berlabuh.

“Untuk jumlah peserta lomba Egrang kali ini, hanya diikuti sekitar 18 sekolah, dimana total keseluhan smp yang diundang berjumlah 28 sekolah, diantara 14 SMP Negeri dan 14 SMP Swasta yang masing –masing terdiri dari 5 putra dan 5 putri,” terangnya.

Namun dalam pertadingan egrang kali ini, pihak koordinator pertandingan menjelaskan jika terdapat beberapa sekolah yang tidak dapat ikut dalam pertadingan tradisional tersebut, dengan alasan tidak ada bisa yang bisa bermain Egrang, walaupun pihak penyelenggara berharap semua sekolah bisa hadir.

“Perlu diketahui bahwasanya pertandinagn ini dilakukan dalam bentuk memeriahkan pekan budaya kota Tarakan yang tiap tahun akan dilaksanakan, dan tidak dipungut biaya untuk peserta yang akan ikut.

Selain itu, pihak panitia juga berharap kedepannya permainan ini dapat terus dilestarikan di seluruh sekolah baik SD mapun SMP, sehingga setiap kali ada pertandingan seluruh sekolah bisa ikut dengan menyiapkan masing-masing alat pertandingan.

“Untuk pertandingan ini, nantinya akan kita diambil sampi dengan juara lima untuk peserta putra dan putri, dan akan di umumkan pada saat penutupan di taman berlabuh pada tanggal 8 oktober nanti. Ungkapnya.

Disamping itu, untuk total hadiah dari kormi tarakan akan menyiapkan uang pembinaan dan juga sertifikat, yang nantinya akan diberikan kepada masing-masing juara, agar olahraga ini bisa menjadi motivasi para siswa kedepannya.(*)

 

Comments
Loading...