Rajawali Kaltara
Rajawalikaltara.com dengan semangat baru, ingin menyajikan informasi-informasi lugas, terpercaya serta lebih akrab dengan masyarakat Kaltara.

Banyak Spanduk Politisi di Pinggir Jalan padahal Belum Masuk Masa Kampanye, Begini Kata Bawaslu Tarakan

0 215

RajawaliKaltara.com, Tarakan – Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Tarakan terus bergerak melakukan penertiban Alat Peraga Kampanye (APK) seperti baliho atau spanduk yang hingg saat ini marak di temui baik itu di sepanjang jalan protokol maupun didalam gang pemukiman padat penduduk.

Penertiban baliho tersebut melibatkan beberapa dari tim pengamanan seperti polsek setempat, Satpol PP, Panitia Pengawasan Pemilu (Panwaslu) serta Koramil, Pada Senin malam (09/10/23).

Alat Peraga Kampanye (APK) Bakal Calon Legislatif (Bacaleg) yang memiliki unsur ajakan untuk di coblos juga turut diamankan petugas tanpa pandang bulu.

Divisi Hukum dan Pencegahan Hubungan Masyarakat dan Pengawasan Partisipatif, Bawaslu Tarakan Saifullah, mengatakan, penurunan paksa baliho dan spanduk caleg dilakukan karena himbauan dan sosialisasi larangan terkait pemasangan APK belum sepenuhnya dipenuhi partai politik.

“Kami sudah melaksanakan rapat bersama seluruh partai politik terkait aturan pemasangan baliho atau spanduk agar tidak memasang sebelum waktu yang telah ditentukan”, Pungkas nya

Pelaksanaan penertiban baliho dan spanduk tersebut Bawaslu Tarakan telah melakukan pemetaan terkait rute yang akan dilakukan.

“Terkait rute kami sudah buat masing-masing di kecamatan untuk ditelusuri mana saja yang akan menjadi target kami selanjutnya”, Kata Saifullah.

Terkait baliho atau spanduk yang terpasang di Reklame tepatnya di simpang tiga lampu merah maupun di gedung yang tinggi pihak Bawaslu akan memberitahukan kepada pihak penyewa untuk segara di turunkan hal tersebut agar menimbulkan rasa keadilan bagi yang lainnya.

“Seperti yang terpasang di stand reklame kami mungkin akan berkoordinasi dengan pihak penyewa agar segara diturunkan serta spanduk yang berada di gedung tinggi kami akan menggunakan mobil Crane karena dari sisi keselamatan juga kita perhatikan”, tutup nya.

 

Comments
Loading...