Rajawali Kaltara
Rajawalikaltara.com dengan semangat baru, ingin menyajikan informasi-informasi lugas, terpercaya serta lebih akrab dengan masyarakat Kaltara.

Ngeri-Ngeri Sedap Mengakhiri Tahun 2023

0 179

Catatan Ir. Vickner Sinaga, M.M

Calon Legislatif DPR RI

Partai Golkar Nomor Urut 3

Daerah Pemilihan Provinsi Kalimantan Utara

Rajawalikaltara.com, Tarakan – Hari-hari di akhir tahun 2023 terasa berbeda. Seakan menit demi menit berlalu lebih cepat dari biasanya, khususnya di seminggu terakhir, urusan transportasi ternyata lebih kejam. Kumulai dari kisahku di ujung utara negeri, Provinsi Kalimantan Utara. Kampung halaman kedua ku.

Tempatku melayani masyarakat lebih dua dekade, sejak tahun 2001 hingga kini. Diberi amanah menangani urusan setrum se-Borneo. Dan tentu, juga berinteraksi sosial maupun ekonomi. Persoalan timbul karena pas di akhir tahun ini, kampung halaman pertamaku memanggil. Yakni Provinsi Sumatera Utara.

Natal bersama keluarga besar, keturunan kakek almarhum. Satu ompung sekitar 80 orang. Diaspora dari daerah perantauan guyub ke kampung asal leluhur, ucap Ketua Dewan Syuro, adik mertuaku Edwin Pamimpin Situmorang, mantan Jamintel Kejagung.

Padatnya kegiatan di Kaltara membuat agenda penting tersebut masuk list tentative ku. Baru di injury time, kunyatakan ikut, dari Tanjung Selor, Jumat 22 Desember 2023. Ibukota Provinsi Kaltara ini, sejarak 7 ribu kilometer rute transportasi ke Laguboti di selatan Danau Toba.

Pengambilan keputusan di waktu mepet, membawa konsekuensi. Penerbangan di musim liburan ini, sangat padat. Dan pintu keluar, hanya ada dari Bandara Tarakan. Sementara masih ada agenda kunjungan penting ke para sahabat di Nunukan dan Sebatik di perbatasan Malaysia. Transportasi laut dengan Speedboat reguler penuh. Terpaksa beli catutan, versi lagu Benyamin. Maksudnya, dengan speedboat charter. Biaya nya? Mahal sekali.

Meski hanya ber empat dari kapasitas belasan seat, ongkosnya mencapai Rp 12,5 juta an. Untuk dua hari. Itu pun angka yang sudah melewati negosiasi alot. Kenapa sebegitu mahal? Ternyata lebih separuh untuk biaya bahan bakar speedboat bermesin tunggal 250 PK itu.

Kini, transportasi laut sudah beres, meski biayanya membuat hati dongkol. Lanjut urusan transportasi udara. Sudah jalan tiga hari, tiket pesawat keluar Tarakan habis. Juga untuk tiga hari berikutnya. Bakalan gagal sudah, niat ber Natal di kampung halaman. Tapi masih ada celah.

Ada info, masih ada dua seat business class, untuk Sabtu 23 Desember 2023, Batik Air Tarakan-Jakarta. Harganya? Selangit Rp 8,8 juta untuk penerbangan dua setengah jam itu. Ya sudah, terpaksa diambil. Lalu, bagaimana tiket lanjut ke Medan? Harganya kurang lebih sama Rp 8 juta an, untuk kelas bisnis yg masih tersedia. Mau diambil kah? Tak sanggup lagi, bak lagu Band D’lloyd. Bisa membuat kantong bolong.

Lalu berupaya keras meminimalkan biaya transportasi ini. Caranya? Berburu online. Ah… ada solusi. Masih dengan Batik Air. Tiket ekonomi Rp 3,2 juta. Lumayan motong lebih separuh, Kok bisa? Aneh juga. Dengan rute yang lebih jauh, Jakarta – Kualalumpur – Medan. Lebih aneh, sama-sama menyewa pesawat dari provider. Namun harga tiket dalam negeri jauh lebih mahal. Dengan maskapai yang sama. Ingin juga tahu, kenapa? Capek ah… Soalnya, harga tiket dua hari sebelumnya, juga ekstra mahal. Hampir Rp 2 juta untuk penerbangan 30 menit.. Kok bisa?

Harga tiket penerbangan dengan pesawat Hercules ini, tergantung berat badan. Per kilogram Rp 15 ribu. Saat kuinjak, muncul angka 106 di timbangan itu. Termasuk sepatu dompet dll. Sepertinya timbangan digital itu, perlu di tera ulang. Terlalu jauh bedanya. Berat bersih saya sejatinya stabil di angka 86. Tapi sudahlah.

Kembali ke agenda Natalan di kampung halaman itu. Berhasilkah? Puji Tuhan. Meski waktunya super mepet, Misa natal Sabtu 24 Desember 2023 di Gereja HKBP Godung Laguboti, akhirnya bisa kami ikuti. Tadinya sangat kuatir. Waktunya tak ngejar. Ada aksi penyelamatan. Oleh siapa? Pemerintah, lewat Kemenhub. Jalan tol Tebing Tinggi – Pematang Siantar baru saja dibuka. Menghemat waktu banyak. Horor di transportasi laut, benjol di transportasi udara, namun terobati oleh transportasi darat.

Beruntung. Paska Natal, harga tiket pesawat kembali normal, Kualanamu – Jakarta dengan maskapai yang sama hanya Rp 1,2 juta. Langsung ditangkap. Kembali ke Jakarta, ikut lagu Black Brothers terkenal itu. Di hari Jumat pagi tanggal 29 Desember 2023. Caranya? Nginap di hotel Bandara..Horor travel seminggu di akhir tahun 2023 berakhir. Dan tulisan ini pun bisa diposting satu jam sebelum pergantian tahun.

Kutulis di Cinere, Depok seraya mengucapkan Selamat Tahun Baru buat para sahabat. Mari kita menjalani tahun 2024 penuh semangat. Tahun Anugerah penuh berkah.. Kudedikasikan buat sahabatku Ir. Widodo Mulyono, yang siang ini menghantarkan sang kekasih ke peristirahatan terakhirnya. Di hari terakhir tahun 2023. Selamat jalan ibu Ami Widodo, kebaikan dan ketulusan mu selama kita berinteraksi, akan tetap kami kenang sepanjang hayat di kandung badan.(VS Center)

Comments
Loading...