Rajawali Kaltara
Rajawalikaltara.com dengan semangat baru, ingin menyajikan informasi-informasi lugas, terpercaya serta lebih akrab dengan masyarakat Kaltara.

PWM Kaltara Bentuk Tim Adhoc Pemantau Pemilu 2024, Siap Kawal Pemilu Menuju Demokrasi yang Jurdil

0 220

RajawaliKaltara.com, Tarakan – Pimpinan Wilayah Muhammadiyah Kalimantan Utara (PWM Kaltara) membentuk Tim Adhoc Pemantau Pemilu 2024. Tim ini terdiri dari 19 orang yang berasal dari berbagai unsur, mulai dari unsur pimpinan persyarikatan, Amal Usaha Muhammadiyah (AUM), Organisasi Otonom (Ortom), akademisi, hingga unsur pemuda dan tokoh senior persyarikatan, Jum’at (27/1/24).

Ketua Tim Adhoc Pemantau Pemilu 2024 PWM Kaltara, Muhammad, mengatakan bahwa tim ini dibentuk sebagai wujud kepedulian Muhammadiyah dalam mengawal proses demokrasi agar berjalan dengan tertib sesuai dengan aturan, Luber dan Jurdil.

“Tim Adhoc Pemantau Pemilu 2024 PWM Kalimantan Utara bertugas memantau berjalannya pemilu agar sesuai dengan aturan, Luber dan Jurdil, khususnya di wilayah Kalimantan Utara”, kata Muhammad.

Sementara itu, Ketua Pimpinan Wilayah Muhammadiyah Kaltara, Syamsi Sarman, mengatakan bahwa pembentukan tim ini merupakan peran penting dalam sebuah kelembagaan terkhusus di Organisasi Muhammadiyah untuk turut serta menyukseskan pemilu 2024.

“Muhammadiyah secara kelembagaan terpanggil untuk ambil peran menyukseskan pemilu 2024. Dalam konteks ini adalah membentuk tim pemantau pemilu yang bersifat adhoc langsung di bawah Pimpinan Wilayah Muhammadiyah Kalimantan Utara”, kata Syamsi Sarman.

Dijelaskan Syamsi Sarman, bahwa langkah tersebut untuk memberikan pemahaman atau edukasi kepada masyarakat dalam usaha mengantisipasi terjadinya tindakan pelanggaran maupun kecurangan dalam proses pemilu.

“Langkah ini dimaksudkan untuk turut serta mengedukasi masyarakat dalam usaha mengantisipasi terjadinya tindak pelanggaran dan kecurangan dalam pemilu. Tim ini juga bertugas untuk memantau kegiatan penyelenggaraan pemilu agar segala sesuatunya berjalan sesuai dengan koridor peraturan dan perundang-undangan yg berlaku,” kata Syamsi Sarman.

Tim Adhoc Pemantau Pemilu 2024 PWM Kaltara akan melakukan pemantauan di seluruh wilayah Kalimantan Utara. Mereka akan bekerja sama dengan lembaga pemantau pemilu lainnya untuk memastikan pemilu 2024 berjalan jujur, adil, dan berintegritas.

Comments
Loading...