Rajawali Kaltara
Rajawalikaltara.com dengan semangat baru, ingin menyajikan informasi-informasi lugas, terpercaya serta lebih akrab dengan masyarakat Kaltara.

Kreatif, Polres Tarakan Menyulap Ratusan Knalpot Racing Hasil Sitaan Menjadi Sebuah Robot Megatron

0 20

RajawaliKaltara.com, Tarakan – Ratusan knalpot bogar/ racing hasil sitaan Polres Tarakan dari pelanggar lalu lintas dibuat menjadi robot menyerupai robot Megatron dalam film layar lebar Hollywood. Robot tersebut dipajang di depan Mako Polres Tarakan, Jalan Yos Sudarso.

Seluruhnya dibuat dari puluhan knalpot racing/bogar hasil sitaan dari para pelanggar lalu lintas maupun hasil patroli petugas di lapangan Kemudian diberi cat warna hingga menyerupai robot Megatron.

Seluruh struktur badan robot mulai dari kepala hingga kaki berbahankan knlapot bogar, Pembuatan robot tersebut memakan waktu beberapa hari hingga diresmikan pada, Sabtu (4/2/24).

Penandatanganan Prasasti Robot Antravi (Anti Traffic Violation) atau robot anti pelanggaran lalu lintas.

Robot yang saat malam hari nampak menyala dengan warna yang menarik tersebut diberi nama dengan sebutan Robot Antravi (Anti Traffic Violation) atau robot anti pelanggaran lalu lintas.

Kapolres Tarakan, AKBP Ronaldo Maradona menjelaskan ide kreatif ini muncul ketika dirinya ingin mengedukasi pelanggar lalu lintas dengan cara yang berbeda dan milenial.

Hingga akhirnya, kata dia, rencana pemusnahan barang bukti knalpot bogar disulap menjadi sebuah robot dan menjadi tontonan bernilai edukasi serta menarik buat masyarakat yang melintasi jalan Yos Sudarso tepat di depan Mako Polres Tarakan.

Terlebih, Robot Antravi ini juga menjadi icon baru di Kota Tarakan, sehingga masyarakat dapat berswafoto dan melihat langsung barang bukti pelanggar lalu lintas. Dengan begitu, nantinya masyarakat dengan sendirinya teredukasi akan pentingnya mematuhi peraturan berlalu lintas.

Robot ini dibentuk dari hasil sitaan knalpot bogar. Tentunya ada pesan yang tersimpan dalam pembuatan robot ini yakni kesadaran masyarakat untuk mematuhi peraturan berlalu lintas sehingga tidak ada lagi yang coba-coba untuk menggunakan knalpot racing yang membuat resah pengendara lain nya”, jelasnya.

Menurut Kapolres Tarakan, pembuatan robot dari hasil sitaan knlapot bogar merupakan bentuk keseriusan Polres Tarakan dalam memberantas pelanggaran lalu lintas yang bersifat invasif atau mengganggu masyarakat umum seperti balap liar dan knalpot bogar yang bising.

“Ini juga merupakan bentuk keseriusan kami di Polres Tarakan memberantas pelanggar lalu lintas yang mengganggu masyarakat umum, kan kalau knalpot bogar bising kan, masyarakat pasti terganggu dengan suaranya,” tegasnya

Dengan demikian, Kapolres Tarakan berharap agar masyarakat khusus nya para remaja dapat mematuhi peraturan lalu lintas yang sudah ditetapkan.

“Kami harapkan, kami imbau dalam kesempatan hari ini, segera gunakan knalpot standar, patuhi peraturan lalu lintas yang sudah ada sehingga kenyamanan di Tarakan bisa terlaksana dengan baik,” tegasnya.

Comments
Loading...