Rajawali Kaltara
Rajawalikaltara.com dengan semangat baru, ingin menyajikan informasi-informasi lugas, terpercaya serta lebih akrab dengan masyarakat Kaltara.

Berikut Empat Caleg DPR RI Dapil Kaltara Berpeluang Besar Duduki Kursi Senayan

0 47

RajawaliKaltara.com, Tarakan – Pada pemilihan legislatif 2024 mendatang, empat calon anggota legislatif (caleg) DPR RI dari daerah pemilihan (dapil) Kaltara diprediksi memiliki peluang besar untuk menduduki kursi di Senayan. Empat caleg tersebut berasal dari partai yang berbeda dan terdiri dari wajah-wajah baru dan lama yang akan mewakili Bumi Benuanta di parlemen pusat untuk lima tahun ke depan.

Hasil survei elektabilitas yang dilakukan oleh Alif Barometer Data dari tanggal 27 hingga 31 Januari 2024 di lima kabupaten/kota se-Kaltara menunjukkan bahwa Rahmawati dari Partai Gerindra memimpin dengan skor 37,4 persen. Diikuti oleh Andravitri Karita dari Partai Golkar dengan 29,2 persen, Irianto Lambrie dari NasDem dengan 22,9 persen,dan incumbent Dedy Sitorus dari PDIP dengan 22,3 persen.

Rahmawati juga memimpin dalam survei tingkat popularitas caleg DPR RI di Kaltara dengan 61 persen dan 55 persen suka. Diikuti oleh Irianto Lambrie dengan 50 persen popularitas dan 38 persen suka, Dedy Sitorus dengan 44 persen popularitas dan 31 persen suka, serta Andravitri Karita dengan 43 persen popularitas dan 41 persen suka.

Namun, meskipun memiliki popularitas yang tinggi, belum tentu masyarakat akan memilihmereka. Hal ini disebabkan oleh fakta bahwa masyarakat masih mempertimbangkan pilihan mereka. Tidak ada satu pun caleg DPR RI dapil Kaltara yang memiliki elektabilitas sampai 20 persen, karena masih ada masyarakat yang bingung menentukan pilihannya.

Survei ini dilakukan dengan pendekatan kuantitatif dan menggunakan metode probability sampling untuk memperoleh sampel. Wawancara survei dilakukan secara langsung dengan tatap muka kepada responden secara door to door yang telah memenuhi kriteria survei dan terdata sebagai pemilih tetap atau DPT di masing-masing wilayah.

Dari seribu responden yang dilakukan di lima kabupaten kota, tercatat 374 responden berada di Tarakan. Selanjutnya Nunukan 274 responden, Bulungan 210, Malinau 105 dan 37 responden di Tana Tidung. Dengan rerata usia responden 21 hingga diatas 65 tahun, dengan latar belakang pekerja dan ibu rumah tangga.

Responden pada survei ini mayoritas adalah laki-laki, tidak terpapar dalam organisasi atau ormas, dan rata-rata mengonsumsi informasi Pemilu dari media online atau media sosial dan televisi. Jumlah kursi DPR RI untuk dapil Kaltara pada Pemilu 2024 hanya tersedia tiga kursi, sama seperti hasil Pemilu 2019 lalu yang diraih oleh Dedy Sitrous (PDIP), Arkanata Akram (NasDem) dan Hasan Saleh (Demokrat).

Comments
Loading...