Rajawali Kaltara
Rajawalikaltara.com dengan semangat baru, ingin menyajikan informasi-informasi lugas, terpercaya serta lebih akrab dengan masyarakat Kaltara.

Menggunakan Perahu, KPU Tarakan Sukses Distribusikan Logistik Pemilu ke Pulau Sadau

0 70

Rajawalikaltara.com, Tarakan – Sehari sebelum pencoblosan pemilu, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Tarakan telah berhasil mendistribusikan surat suara beserta kelengkapan lainnya ke Pulau Sadau, tepatnya di Tempat Pemungutan Suara (TPS) 34, Kelurahan Karang Harapan, Kecamatan Tarakan Barat, pada Selasa (13/2/24) pukul 17:00 Wita.
Pendistribusian khusus untuk Pulau Sadau, yang memiliki 1 TPS, dilakukan dengan metode khusus karena harus menyeberangi laut. Surat suara dibungkus dengan plastik dan dilengkapi dengan pelampung menggunakan jerigen, sebagai tindakan pencegahan terhadap kemungkinan yang tidak diinginkan.
Hadir dalam pendistribusian tersebut Komisioner KPU Tarakan, Herry Fitrian, Lurah Karang Harapan, Willson Simon, anggota PPS, serta tim pengamanan TNI/POLRI. Pendistribusian dilakukan dengan menggunakan perahu karena akses ke pulau hanya dapat dilalui melalui jalur laut, meskipun terdapat beberapa kendala, seperti menunggu air pasang.

IMG 20240213 155256 scaled
Herry Fitrian, Komisioner KPU Tarakan.

“Alhamdulillah, hari ini kita berhasil mendistribusikan logistik pemilu ke salah satu daerah terluar di Tarakan, yaitu Pulau Sadau dengan nomor TPS 34 dan memiliki 62 Daftar Pemilih Tetap (DPT)”, ungkap Herry Fitrian.
Sebanyak 62 DPT yang berada di Pulau Sadau akan menggunakan hak pilih mereka pada Selasa (14/2/24) pagi. “TPS akan dibuka jam 7 pagi besok. Mudah-mudahan warga Pulau Sadau dapat menggunakan hak pilih mereka. Partisipasi warga Pulau Sadau dalam setiap pemilu selalu cukup tinggi,” kata Herry.
Sementara itu, Lurah Kelurahan Karang Harapan, Willson Simon, mengungkapkan bahwa warga Pulau Sadau merupakan warga asli Tarakan yang bermukim di Pulau Sadau sebagai nelayan. “Data yang kami miliki di Kelurahan Karang Harapan menunjukkan bahwa terdapat 30 Kepala Keluarga (KK) dengan total 102 jiwa. Jumlah pemilih tetap mencapai 62 orang. Meskipun warga Pulau Sadau tinggal di sini secara permanen, mereka tetap masuk dalam wilayah administrasi Kelurahan Karang Harapan,” ungkap Willson.

IMG 20240213 154652 scaled
Willson Simon, Lurah Kelurahan Karang Harapan.

Willson juga menyampaikan terima kasih kepada PT Intraca yang telah memberikan izin untuk menggunakan fasilitas dermaga sebagai akses menuju Pulau Sadau. “Kami sangat berterima kasih kepada PT Intraca yang telah memberikan izin penggunaan dermaga ini. Hal ini memudahkan kami dalam mendistribusikan logistik pemilu tahun ini. Jika kami menggunakan pelabuhan SDF, jaraknya terlalu jauh untuk mencapai Pulau Sadau, sedangkan dermaga Intraca hanya membutuhkan waktu 5 menit untuk mencapai tujuan,” ungkapnya.
Pendistribusian logistik pemilu ke Pulau Sadau telah dilakukan dengan sukses, memastikan bahwa warga Pulau Sadau dapat menggunakan hak pilih mereka dengan lancar. Semoga pemilu di Pulau Sadau dan seluruh Tarakan berjalan dengan aman dan sukses.

Comments
Loading...