Rajawali Kaltara
Rajawalikaltara.com dengan semangat baru, ingin menyajikan informasi-informasi lugas, terpercaya serta lebih akrab dengan masyarakat Kaltara.

PWI Tarakan Gelar Dialog Publik dan Deklarasi “Wartawan Profesional Lawan Hoax dan Kawal Pemilu Damai”

0 51

Rajawalikaltara.com, Tarakan – Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) kota Tarakan menggelar dialog publik yang bertujuan untuk mendeklarasikan semangat pemilu yang damai dan memerangi penyebaran berita palsu (hoax). Acara yang diadakan di Aula Pertemuan Gedung Silver Radar Tarakan, Selasa (13/02/2024)

Menghadirkan narasumber dari Kabid DKISP Tarakan, Dewan Kehormatan Wartawan Kaltara dan Ketua PWI Kaltara.

Dalam penyampaiannya, Ketua PWI kota Tarakan, Andi Muhammad Rizal, menyampaikan pentingnya peran media dalam menyajikan informasi yang akurat dan bertanggung jawab, terutama menjelang pelaksanaan pemilu.

“Kami berkomitmen untuk memberikan pemberitaan yang seimbang dan mengedukasi masyarakat tentang pentingnya memilah informasi yang benar dari yang hoaks,” ujar Ichal sapaan akrabnya.

Dialog publik ini juga menjadi ajang diskusi antara Insan Pers untuk saling bertukar pandangan dan ide tentang bagaimana memastikan pemilu berjalan dengan damai dan kondusif.

Terutama dalam menghadapi tantangan penyebaran berita palsu yang dapat memicu konflik di masyarakat.

“Profesionalisme wartawan teruji dalam pemilu, tentu kita akan tetap mengambil jalan sesuai dengan aturan yang berlaku, yakni UU Pers, Kode Etik Jurnalistik dan Kode Prilaku Wartawan”, tambahnya.

IMG 20240214 WA0045 scaled
Deklarasi Pemilu Damai ditandai dengan Pendantangan oleh seluruh Insan Pers.

 

Di akhir acara, sebanyak 37 wartawan se- Kota Tarakan yang hadir melakukan penandatanganan deklarasi bersama untuk memperkuat komitmen semua pihak dalam menjaga keamanan dan ketertiban selama masa kampanye dan pemungutan suara, serta untuk bersama-sama melawan penyebaran berita palsu yang dapat mengganggu proses demokrasi.

Dengan adanya dialog publik dan deklarasi ini, diharapkan masyarakat dapat lebih sadar akan pentingnya menjaga keamanan dan ketertiban dalam menghadapi proses pemilihan umum serta bersama-sama melawan penyebaran informasi yang tidak benar demi terciptanya pemilu yang bersih dan berintegritas. (*)

Comments
Loading...