Rajawali Kaltara
Rajawalikaltara.com dengan semangat baru, ingin menyajikan informasi-informasi lugas, terpercaya serta lebih akrab dengan masyarakat Kaltara.

Panen Hasil Belajar P5: ANAK MUDA Tarakan Pamerkan Segudang Hasil Projek

0 250

RajawaliKaltara.com, Tarakan – SMP Muhammadiyah 2 Tarakan, yang dikenal juga sebagai SMP MUDA Tarakan, baru saja menggelar acara “Panen Hasil Belajar Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) yang kedua”. Acara ini adalah puncak dari rangkaian alur kegiatan Projek sebagai bentuk komitmen sekolah dalam mengimplementasikan kurikulum merdeka sejak tahun pelajaran 2022/2023.Acara yang mengusung tema Kewirausahaan dan Rekayasa/Teknologi ini dibuka oleh Pengawas Sekolah, dan dihadiri oleh Guru dan Tenaga Kependidikan serta orang tua dan siswa SMP MUDA Tarakan.

IMG 20240309 WA0092
Para orang tua dan Wali Murid yang hadir pada kegiatan Panen Hasil Belajar.

Kepala sekolah, Asnawir mengungkapkan bahwa tujuan dari acara ini adalah untuk memberikan kesempatan kepada siswa menampilkan hasil dari belajar mereka terkait projek yang dilaksanakan selama kegiatan P5.

“Kegiatan ini merupakan puncak dari hasil belajar siswa selama 2 minggu lalu, dimana hasil projek mereka adalah sebuah keputusan mereka sendiri dengan bermacam-macam produk berdasarkan keinginan anak-anak setelah menginvestigasi dan memecahkan masalah dalam projek tersebut” ungkap Asnawir.

IMG 20240309 WA0093
Sambutan Kepala Sekolaj SMP Muhammadiyah 2 Tarakan, Asnawir

P5 adalah salah satu struktur dalam pengorganisasian pembelajaran pada Kurikulum Merdeka yang bertujuan untuk menguatkan karakter Profil Pelajar Pancasila melalui kegiatan projek. Diharapkan, dengan digelarnya kegiatan panen hasil belajar ini, siswa-siswa akan semakin meningkatkan kerjasama, kreatif, inovatif, dan kemandirian serta dapat mengembangkan ide-ide mereka terutama dalam tema Kewirausahaan & Rekayasa/Teknologi.

Antusiasme terlihat dari para undangan yang hadir untuk menyaksikan sekaligus memberikan penilaian atas produk projek siswa seperti kuliner kaltara dari bahan singkong, cempedak dan seafood. Seni kriya dan estetika gastronomi nusantara, hidroponik termasuk aplikasi Game Online Edukasi. Bahkan banyak diantara undangan yang hadir untuk membeli makanan, kerajinan dan aplikasi game online yang dijual siswa, sebagai bentuk dukungan terhadap hasil projek siswa.

IMG 20240309 100224 scaled
Salah satu hasil kreativitas siswa SMP MUDA Menciptakan Aplikasi Game Online yang mengedukasi bagi para penguna game tersebut

Salah satu orang tua siswa turut mengapresiasi kegiatan ini, mengungkapkan bahwa kegiatan ini sangat baik untuk menciptakan semangat berkolaborasi dan berkreativitas bagi siswa. “Kegiatan ini sangat bermanfaat bagi anak kami yang bersekolah di SMP Muhammadiyah 2 Tarakan, kami sangat senang melihat anak-anak mampu mengembangkan sikap bergotong royong dan membangun kreativitas secara mandiri untuk menjadi bekal mereka dimasa akan datang,” ungkapnya.

Comments
Loading...