Rajawali Kaltara
Rajawalikaltara.com dengan semangat baru, ingin menyajikan informasi-informasi lugas, terpercaya serta lebih akrab dengan masyarakat Kaltara.

Kantor Layanan Lazismu SMP Muhammadiyah 2 Tarakan Menyalurkan Hasil Zakat kepada Para Mustahiq

0 40

RajawaliKaltara.com, Tarakan – Menjelang Idul Fitri 1445 Hijrah, SMP Muhammadiyah 2 Tarakan telah memulai pembagian zakat fitrah kepada Mustahiq. Mustahiq tersebut telah diidentifikasi melalui proses pendataan yang dilakukan oleh Kantor Layanan Lazismu SMP MUDA, sehingga pembagiannya akurat dan sesuai dengan 8 Asnaf yang disebutkan. Zakat fitrah diperoleh dari siswa, guru, dan seluruh karyawan SMP Muhammadiyah 2 Tarakan.

Kantor Layanan Lazismu SMP Muhammadiyah 2 Tarakan mengadakan acara untuk menyalurkan zakat fitrah kepada Mustahiq. Acara tersebut dilaksanakan di Aula Mushollah Ahmad Dahlan, yang terletak di kompleks Perguruan Muhammadiyah ladang Tarakan, pada hari Jumat (5/4/2024).

Hidayatullah, Ketua Kantor Layanan Lazismu SMP Muhammadiyah 2 Tarakan, menjelaskan bahwa kegiatan ini merupakan hasil dari pengumpulan zakat yang dilakukan oleh orang tua murid dan guru di SMP Muhammadiyah 2 Tarakan. Ia juga menyebutkan bahwa jumlah zakat yang terkumpul tahun ini mengalami peningkatan dibandingkan tahun sebelumnya.

“Alhamdulillah, hari ini kami dari Kantor Layanan Lazismu SMP Muda Tarakan menyalurkan hasil zakat fitrah kepada Mustahiq. Pembagiannya berupa beras sebanyak 230 kg dan 48 rak telur yang diberikan kepada 48 Mustahiq. Jumlah zakat yang berhasil dikumpulkan tahun ini sebesar Rp. 8 juta, yang lebih tinggi dari tahun sebelumnya sebesar Rp. 3 juta,” ungkap Hidayatullah.

IMG 20240405 WA0115 scaled
Kepala Sekolah SMP Muhammadiyah 2 Tarakan, Juanda,. S.Pd, M.Pd (Baju Putih) bersama para Guru dan Pegawai Kantor Layanan Lazismu SMP Muda Tarakan.

Hidayatullah menambahkan bahwa rangkaian acara ini bertujuan untuk berbagi kebahagiaan kepada sesama, terutama di lingkungan SMP Muhammadiyah 2 Tarakan.

Sementara itu, Juanda, Kepala Sekolah SMP Muhammadiyah 2 Tarakan, menyatakan bahwa kegiatan ini sangat penting dilakukan karena zakat merupakan bagian dari rukun Islam. Berbagi kepada yang membutuhkan dan saling berbagi kebahagiaan adalah hal yang penting.

“Zakat ini masuk dalam salah satu pilar rukun Islam. Apapun yang kita keluarkan, Insya Allah akan menjadi berkah bagi pemberi dan penerima,” ungkapnya.

Melalui kegiatan ini, diharapkan semangat kebersamaan dan solidaritas di antara pegawai dapat semakin terjalin, serta meningkatkan rasa syukur dan keikhlasan dalam menjalankan ibadah di bulan suci Ramadan.

“Kami berharap kegiatan ini akan menjadi agenda rutin yang terus dilakukan, serta meningkatkan silaturahmi antar sesama terutama bagi para guru di SMP Muhammadiyah 2 Tarakan. Pengumpulan dan pembagian zakat fitrah sebenarnya rutin dilakukan setiap tahun. Selain itu, ini juga menjadi sarana untuk menumbuhkan rasa peduli sosial kepada siswa, bahwa saling berbagi terhadap sesama adalah sebuah keharusan dan merupakan ajaran yang diajarkan oleh Rasulullah, terlebih lagi di bulan yang penuh berkah ini,” tambahnya.

 

 

Comments
Loading...