Rajawali Kaltara
Rajawalikaltara.com dengan semangat baru, ingin menyajikan informasi-informasi lugas, terpercaya serta lebih akrab dengan masyarakat Kaltara.

PJ Wali Kota Tarakan Bergerak Cepat Tangani Persoalan Krisis Sampah di TPA Aki Babu

0 77

RajawaliKaltara.com, Tarakan – PJ Wali Kota Tarakan, Bustan, menggelar rapat mendadak di Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Aki Babu pada hari Minggu (7/4/24). Rapat tersebut dihadiri oleh berbagai Organisasi Perangkat Daerah (OPD) guna membahas permasalahan sampah yang semakin menumpuk di TPA Aki Babu, yang berlokasi di Kelurahan Karang Anyar.

Sebelumnya, PJ Wali Kota Tarakan telah mengetahui permasalahan ini melalui video yang dikirimkan oleh masyarakat melalui grup WhatsApp. Tanpa membuang waktu, PJ Wali Kota segera bergerak cepat menuju lokasi untuk memastikan kebenarannya. “Saya berterima kasih kepada masyarakat Tarakan dan juga media atas informasi yang telah diberikan, dan saya langsung bergerak cepat menuju lokasi untuk memastikan ternyata benar,” ungkap PJ Wali Kota.

IMG 20240407 WA0177
PJ Wali Kota Memimpin Rapat mendadak bersama dinas terkait di lokasi TPA Aki Babu.

Meskipun hari Minggu biasanya merupakan hari libur bagi perkantoran dan dinas, namun bagi PJ Wali Kota Tarakan, tidak ada kata libur. Meski diguyur hujan sejak malam hingga sore hari, PJ Wali Kota tetap semangat untuk melakukan kunjungan ke lokasi tersebut.

Setelah melihat kondisi yang semakin tidak kondusif, PJ Wali Kota segera memerintahkan Sekretaris Daerah (Sekda) untuk mengumpulkan semua OPD terkait, Camat, Lurah, dan juga pihak Pertamina guna mencari solusi atas permasalahan ini. “Setelah saya cek ke lapangan di beberapa titik, maka saya langsung minta pak Sekda untuk mengumpulkan seluruh OPD terkait, Camat, Lurah, dan mengundang pihak Pertamina. Ini harus segera kita tindak lanjuti bersama karena banyaknya volume sampah yang tak terkendali,” kata PJ Bustan kepada media.

IMG 20240407 WA0202 scaled
PJ Wali Kota nampak berada di tumpukan sampah sembari menelpon dinas terkait untuk segera mengatasi persoalan tersebut.

Dalam rapat mendadak di lokasi TPA Aki Babu, Bustan memberikan beberapa instruksi, antara lain: semua sampah yang ada di tempat pembuangan harus segera dibersihkan dan Tarakan harus bersih dari sampah yang menumpuk. “Saya minta kepada Dinas Lingkungan Hidup agar hari ini bagaimanapun caranya, semua sampah harus diangkut dan Tarakan harus bersih. Meskipun terdapat kendala pada pengeruk sampah yang rusak, sehingga menghambat proses pemindahan sampah, namun berkat bantuan dari teman-teman Pertamina, semua masalah dapat segera diatasi,” ujar Bustan memberikan instruksinya.

Selain itu, Bustan juga memerintahkan dinas terkait untuk menugaskan timnya dalam mengamankan dan mengawasi seluruh aktivitas di TPA Aki Babu hingga persoalan tuntas. (Su’i).

 

 

Comments
Loading...