Rajawali Kaltara
Rajawalikaltara.com dengan semangat baru, ingin menyajikan informasi-informasi lugas, terpercaya serta lebih akrab dengan masyarakat Kaltara.

Siapkan Regenerasi Kader Persyarikatan, Kwarda HW Tarakan lantik Kwarcab dan Qabilah se Tarakan

0 105

RajawaliKaltara.com, Tarakan – Eksistensi Kwartir Daerah Gerakan Kepanduan Hizbul Wathan (Kwarda GK-HW) Kota Tarakan terus berkembang pesat di kota Tarakan. Hal ini dibuktikan dilantiknya pengurus Kwartir Cabang (Kwarcab) HW di setiap Kecamatan dan 2 Qabilah HW yang baru yaitu di SD Muhammadiyah 3 Al-Hilal dan di Kampus INSTEKMU Tarakan. Dimana pada tahun sebelumnya, Kwarda HW juga telah membentuk 8 Qabilah di sekolah Muhammadiyah lainnya serta di sekolah ‘Aisyiyah Tarakan. Acara pembentukan dan pelantikan pengurus Kwarcab dan Qabilah tersebut, dipusatkan di Kompleks Perguruan Muhammadiyah Ladang yang dihadiri oleh Ketua Kwarwil HW Kaltara, Ketua Pimpinan Daerah Muhammadiyah Tarakan, Pimpinan Cabang Muhammadiyah dan Aisyiyah, Kepala Sekolah Muhammadiyah dan ‘Aisyiyah se Tarakan serta ratusan pandu HW dari berbagai jenjang dan golongan kepanduan HW.

Ketua Kwarda HW Tarakan, Ramanda Asnawir dalam sambutannya menekankan pentingnya Kepanduan HW dibentuk dan dilaksanakan di semua sekolah Muhammadiyah dan ‘Aisyiyah, agar menjadi wadah perkaderan yang dapat membentuk karakter dan mempersiapkan regenerasi kader persyarikatan, keumatan dan kebangsaan yang memiliki jati diri kepanduan Islami seperti patriot pendiri HW pertama yakni Panglima Besar Jenderal Soedirman. Dimana setiap aktivitas kehidupannya selalu menjaga wudhu dan selalu menjalankan shalat lima waktu walaupun dalam kondisi sakit dan suasana perang.

“Artinya, seorang Pandu HW harus tangguh dan kuat secara fisik, memiliki keimanan yang kokoh, suci dalam hati, pikiran, perkataan dan perbuatan khususnya dalam berkegiatan kepanduan di manapun dia berada” ujar Wakil Kepala SMP Muhammadiyah 1 Tarakan ini.

IMG 20240421 WA0120 scaled
Keterangan Foto : Upacara Pelantikan Kwarcab dan Qabilah HW Tarakan

Asnawir berharap kepada pimpinan Kwarcab dan Qabilah yang telah dilantik, agar menyusun program kerja dan kegiatan praktis rutin yang menarik, menyenangkan, menantang dan diutamakan di alam terbuka dengan tetap melakukan pembinaan akidah, akhlak, ibadah, dan muamalah duniawiyah kepada peserta didik.

“Sebagai amanah dari Ketua Kwarwil HW Kaltara, Ramanda H. Slamet Kurniawan, agar pimpinan kwarcab dan qabilah HW yang telah dilantik untuk senantiasa terus melaksanakan kegiatan latihan rutin dengan memisahkan antara laki-laki dan perempuan, termasuk ketika perkemahan di lapangan, dan jangan segan-segan mengingatkan anak-anak untuk tetap melaksanakan shalat lima waktu!” tuturnya.

IMG 20240421 WA0121
Keterangan Foto : Ketua Kwarda, Ketua Kwarcab dan Ketua Qabilah HW se Tarakan.

Ketua Pimpinan Daerah Muhammadiyah, Sabar Santuso yang ikut melantik pengurus kwarcab dan qabilah HW memberikan apresiasi kepada Kwarda HW Tarakan yang konsisten dan komitmen dalam mengembangkan kepanduan HW di Tarakan. Selain itu, Sabar juga menegaskan kepada kepala sekolah Muhammadiyah yang hadir untuk ikut terlibat dalam kegiatan HW terutama dalam melakukan pembinaan di sekolah masing-masing.

“Di sekolah Muhammadiyah, HW adalah ortom Muhammadiyah yang diikuti oleh setiap peserta didik sebagai salah satu kegiatan Ekstrakurikuler wajib di sekolah. Maka kepala sekolah harus mendukung setiap kegiatan HW baik dari menyiapkan seragam dan atribut, melaksanakan latihan rutin setiap minggunya berdasarkan kurikulum dan silabus yang telah dibuat, bahkan menjadikan HW itu sebagai jenjang karir siswa dalam kepanduan serta menjadi daya tarik masyarakat untuk menyekolahkan anaknya di sekolah Muhammadiyah dan ‘Aisyiyah” pesan Rektor INSTEKMU Tarakan.

Comments
Loading...