Rajawali Kaltara
Rajawalikaltara.com dengan semangat baru, ingin menyajikan informasi-informasi lugas, terpercaya serta lebih akrab dengan masyarakat Kaltara.

Polair Kembali Tangkap Kapal Ikan Asing Ilegal di Perairan Karang Unarang

0 487

TARAKAN, rajawalikaltara.com – Satuan Pangkalan (Satlan) II Polair Polda Kaltim, pada hari minggu (4/3) berhasil mengamankan Kapal Ikan Asing (KIA) milik Malaysia di perairan Karang Unarang, Kabupaten Nunukan sekitar pukul 21.20 Wita.

Dit Polair Polda Kalimantan Timur (Kaltim) Komisaris Besar Polisi (Kombes Pol) Omad, melalui Kasatlan II Ajun Komisaris Polisi (AKP) Bahtiar mengatakan, sebelum melakukan penangkapan tersebut, pada pukul 21.00 Wita personil Satlan II Polair melakukan patroli di perairan Karang Unarang kabupaten Nunukan dan dari jauh melihat ada sebuah kapal berbendera Malaysia yang mencurigakan.

“Melihat kapal mencurigakan itu, Patroli langsung mendekat dan ternyata kapal itu sedang melaksanakan kegiatan penangkapan ikan dengan mengunakan pukat Hela diwilayah perairan Indonesia,” jelasnya, Senin (5/3).

Mengetahui hal tersebut, petugas Polair langsung melakukan penangkapan terhadap kapal berukuran 25 GT tersebut dan mengamankan seorang Nahkoda kapal yang berinisial LR (26) warga Negara Indonesia serta Anak Buah Kapal (ABK) yang berinisial D. “Kita juga mengamankan hasil laut tangkapannya sekitar 6 Kg,” tuturnya.

Selain itu, Kapal tersebut diduga sudah sering melakukan penangkapan ikan di perairan Indonesia dengan cara melakukan penangkapan pada malam hari. “Pada siang hari mereka berlayar di perairan Malaysia. Malamnya baru mereka beraksi saat petugas lengah, kan malam itu gelap, langsung kapal itu masuk ke perairan Indonesia,” ujarnya.

Akibat ulah tersangka tersebut, dikenakan Pasal 2 Junto 26 Ayat 1 UU RI No 31 Tahun 2004 tentang Perikanan dan Pasal 85 Junto pasal 9 UU RI No 45 Tahun 2009 perubahan UU 31 Tahun 2004 tentang perikanan. “Saat ini kapal sudah kita amankan di Satlan II Polair dan diancam hukuman 8 Tahun penjara,” pungkasnya. (rk1)

Comments
Loading...