Rajawali Kaltara
Rajawalikaltara.com dengan semangat baru, ingin menyajikan informasi-informasi lugas, terpercaya serta lebih akrab dengan masyarakat Kaltara.

Berawal Dari Coba-Coba, Olahan Ini Jadi Khas di Kaltara

0 182

TARAKAN, rajawalikaltara.com – Mungkin, kata kepiting soka masih terdengar awam bagi warga Indonesia. Tapi, untuk warga Kaltara kata Crab Fried Kaltara sudah dikenal menjadi oleh-oleh khas khususnya di Tarakan.

Rasa gurih dan renyah kepiting soka masih dirindukan. Apalagi kala menyantap cangkang kepitingnya. Makanan ini bisa dijumpai di Jalan Cenderawasih, Kelurahan Karang Anyar Pantai.

Saat memesan 1 paket makanan, terdiri dari nasi, sup, kepiting soka serta sambal. Hidangan yang serba hangat membuat makanan kepiting ini cocok di lidah. Apalagi rasa sup yang dicampur dengan butiran jagung, menambah cita rasa makanan khas Indonesia.

Salah seorang karyawan Crab Fried Kaltara, Melinda kepiting mengaku menu makanan yang paling digemari kepiting soka goreng crispy. “Yang paling banyak di pesan, kepiting soka goreng crispy serta sup,” ujarnya saat ditemui di sela-sela kesibukannya.

Diketahui, sejak tahun 2000 silam usaha kuliner yang dimiliki pria bernama Mare ini , dulunya hanya iseng mencoba membikin kepiting soka.

Untuk sekali makan, kita hanya cukup merogoh kocek sebesar Rp. 55.000,- dengan paket komplit. Bukan hanya didatangi oleh warga Tarakan, pengunjung dari luar daerah hingga luar negeri sering menyambangi olahan khas kepiting soka ini.

Bukan hanya ukuran kecil, bahkan kepiting soka yang dijual juga dalam ukuran besar. Untuk pengunjung, biasanya di hari libur lebih ramai.

Bagi warga luar Tarakan yang akan membawa kepiting soka disarankan untuk digoreng setengah matang. Tujuannya, agar makanan tersebut bisa tahan lama sebelum dikonsumsi. “Kalau dalam perjalanan, tahannya bisa sampai 2 hari. Terus di goreng lagi biar dapat crispynya,” lanjut Melinda.(rk1)

Comments
Loading...