Rajawali Kaltara
Rajawalikaltara.com dengan semangat baru, ingin menyajikan informasi-informasi lugas, terpercaya serta lebih akrab dengan masyarakat Kaltara.

Siapkan Logistik untuk Kewaspadaan Bencana

0 291

SELAIN mengajak masyarakat untuk mengantisipasi terjadinya bencana di Kaltara, Gubernur Kalimantan Utara (Kaltara) Dr H Irianto Lambrie juga meminta kepada instansi terkait untuk memastikan peralatan dan logistic yang dimiliki dalam kondisi aman dan siap.

Menindaklanjuti instruksi tersebut Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kaltara tengah menyiapkan logistic dan peralatan, untuk memenuhi kebutuhan jika ada wilayah di Kaltara terkena dampak bencana.

Logistik dimaksud, seperti disampaikan Kepala Pelaksana BPBD Kaltara Mohammad Pandi, meliputi, mie instan, minyak goreng, sembako, perlengkapan sandang dan alat kebersihan. Tidak hanya itu, peralatan lainnya seperti kendaraan darat dan air pun juga disiapkan. “Peralatan yg terdiri dri kemdaraan darat dan berupa Rescue 2 unit, dalmas 1 unit, dumptruck 1 unit, tangki air 2 unit, serta dumptruck serbaguna 1 unit. Sementara kendaraan air berupa speedboat fiberglass dengan kapasitas mesin 200 1 unit dan perahu karet 1 unit. Serta   personel di lapangan sebanyak 22 orang, dan di posko siaga bencana 24 jam, sebanyak 36 orang,” bebernya.

Tak hanya persiapan logistik dan peralatan, Pandi mengatakan, jika BPBD juga melakukan edukasi kebencanaan secara berkala di lembaga pendidikan.

Tim dari BPBD melakukan sosialisasi terkait mitigasi bencana, mengedukasi dini agar mengurangi dampak bencana. “Diharapkan ke depan dapat meningkat, kesiapsiagaan dan kewaspadaan akan ancaman bencana alam, seperti gempa dan banjir. Sehingga menimbulkan kemandirian dalam menghadapi bencana alam demi terciptanya sekolah yang aman terhadap bencana,” kata Pandi.(humas)

 

Comments
Loading...