Rajawali Kaltara
Rajawalikaltara.com dengan semangat baru, ingin menyajikan informasi-informasi lugas, terpercaya serta lebih akrab dengan masyarakat Kaltara.

DPKP Pantau Stok dan Harga Bahan Pokok

0 65

TANJUNG SELOR – Untuk memastikan ketersediaan bahan pangan pokok mencukupi dan harganya stabil sejak awal 2020, Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan (DPKP) Provinsi Kalimantan Utara (Kaltara) melakukan pemantauan dan pengecekan harga bahan pangan pokok di Pasar Induk Tanjung Selor, Kabupaten Bulungan, Senin (6/1).

Kepala Bidang (Kabid) Ketahanan Pangan DPKP Kaltara, Muhammad Najib mengatakan, kegiatan ini juga digelar untuk memantau pengaruh aksi mogok speedboat dan kapal barang terhadap ketersediaan bahan pokok di Kaltara. “Kegiatan ini berdasarkan arahan Gubernur Kaltara Dr H Irianto Lambrie yang ditindaklanjuti kepala DPKP,” tuturnya.

Sementara itu, dari hasil pemantauan di lapangan, ketersediaan stok bahan pangan pokok strategis seperti beras, bawang merah, bawang putih, gula dan daging ayam, masih aman dan harganya stabil. “Sejauh ini, dengan mogoknya speedboat dan kapal kayu (muat barang) di Pelabuhan Tengkayu I Tarakan dan Pelabuhan Kayan II Bulungan tidak mempengaruhi ketersediaan, stok dan harga bahan pangan pokok di Bulungan,” kata Najib. Ini lantaran sebagian stok bahan pangan pokok di Bulungan didatangkan melalui jalur darat.

Pemantauan ini juga merupakan salah satu upaya Pemprov Kaltara untuk mengantisipasi munculnya pihak spekulan yang memanfaatkan kondisi yang ada. “Pengecekan serupa juga dilakukan di daerah lain yang terdampak aksi mogok pengusaha speedboat dan kapal barang,” tutupnya.(humas)

Comments
Loading...