Rajawali Kaltara
Rajawalikaltara.com dengan semangat baru, ingin menyajikan informasi-informasi lugas, terpercaya serta lebih akrab dengan masyarakat Kaltara.

Provinsi Kaltara Mantapkan Persiapan UNBK 2020

0 301

AE1CAAE2 AE78 45AC B722 77982912BD76TANJUNG SELOR – Sebanyak 8.799 pelajar satuan pendidikanmenengah di Provinsi Kalimantan Utara (Kaltara) akan mengikutiUjian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) pertengahan Maret2020. Kesiapan siswa dan guru terus diukur Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kaltara. Termasuk menguji kehandalaninfrastruktur pendukung UNBK antara lain jaringan nirkabel(internet) dan listrik.

Sejak bulan November sampai Januari ini, Disdikbud sudahmelaksanakan berbagai simulasi. Kesimpulannya, peserta UNBK, guru, dan infrastrukturnya, alhamdulillah sudah siap,” kata Gubernur Kaltara, Dr H Irianto Lambrie merujuk laporan dariKepala Disdikbud Kaltara, Sigit Muryono beberapa waktu lalu.

Agar kesiapan makin mantap, awal Februari nanti akan digelargeladi bersih UNBK. Diharapkan tak ada lagi kesalahan dan kendalateknis lainnya yang menyertai pelaksanaan UNBK. Saya memintaDisdikbud tidak berhenti mengecek jaringan internet dan listrik. Komunikasikan secara berkala dengan pihak penyedia jaringaninternet dan listrik,” tutur Gubernur.

Tidak hanya bersiap secara fisik dan mental, Gubernur juga meminta peserta UNBK belajar sungguh-sungguh agar meraih nilaiakademik yang tinggi. Khusus anak-anak kami di SMA, saya mintagiat belajar agar nilainya bagus. Supaya peluang masuk keperguruan tinggi makin terbuka. Karena beberapa perguruan tinggiakan melihat nilai hasil UNBK,” ujar Irianto.

Saya juga meminta orangtua mengontrol anak-anaknya. Banyak-banyak berdoa. Walau UNBK bukan penentu kelulusan, tetapipenentu masa depan. Maka itu wajib diikuti oleh anak-anak kita,” tambahnya.

Terhadap lulusan SMK, kata Irianto, Pemprov telah memilikiinstrumen agar mereka dapat diterima di dunia usaha dan industri di Kaltara. Pemprov telah membentuk Majelis Pendidikan Kejuruan(MPK) yang fungsinya memfasilitasi lulusan SMK segera terserapdi dunia usaha dan industri. Lulusan SMK kita tahun 2018 yang langsung terserap ke dunia kerja 94,8 persen. Padahal di tahun 2017 hanya 36 persen. Untuk tahun 2019 kita masih tunggu hasilsurveinBPS,” ucap Gubernur.

Untuk diketahui, UNBK 2020 diawali pada 16 Maret mendatangpada tingkat satuan pendidikan SMK. Terhadap satuan pendidikanSMA, MA, SMTK dimulai 30 Maret. UNBK tiap satuan pendidikandigelar selama empat hari berturut-turut. Tiga hari pertama pesertamenjalani UNBK mata pelajaran Bahasa Indonesia, Matematika, dan Bahasa Inggris.

Hari keempat akan diujikan teori kejuruan bagi peserta SMK dan satu mata pelajaran jurusan yang diujikan bagi pesertaSMA/MA/SMTK. Peserta UNBK SMK, SMA/MA/SMTK keseluruhan mencapai 8.779 siswa. (selengkapnya lihat grafis).(humas)

Comments
Loading...