Rajawali Kaltara
Rajawalikaltara.com dengan semangat baru, ingin menyajikan informasi-informasi lugas, terpercaya serta lebih akrab dengan masyarakat Kaltara.

Gubernur : SAKIP Perlu Konsisten Diterapkan

0 58

DENPASAR – Gubernur Kalimantan Utara (Kaltara), Dr H IriantoLambrie menyatakan, salah satu langkah kongkret yang dapatdilakukan pemerintah untuk mewujudkan reformasi birokrasi adalahmelalui pengelolaan anggaran secara efektif dan efisien. Dari itu,SAKIP perlu ditetapkan.

“SAKIP perlu konsisten diterapkan. Dari itu, setiap rekomendasiperbaikan yang disampaikan, patut ditindaklanjuti dengan serius.Tak hanya, oleh Inspektorat tapi juga oleh seluruh OPD di lingkupPemprov (Pemerintah Provinsi) Kaltara,” kata Irianto usai menghadiri penyerahan Laporan Hasil Evaluasi (LHE) SAKIP 2019 di Inaya Putri Bali Hotel, Nusa Dua, Bali, Senin (27/1) siang.

Untuk itu, Pemprov Kaltara sangat mendukung upaya KementerianPAN-RB dalam melaksanakan evaluasi atas implementasi SAKIPguna mengukur perkembangan implementasi SAKIP sertamelakukan pembinaan yang berkesinambungan di seluruh instansipemerintah. Dalam evaluasi sendiri, dapat dipetakan instansipemerintah dalam beberapa kategori. Dan, ini bukan sekedar untukmenilai instansi pemerintah, namun juga untuk memetakan tingkatimplementasi manajemen kinerja instansi pemerintah sehinggamemudahkan perbaikan dalam implementasi SAKIP.

Harus dipahami juga, hasil evaluasi SAKIP tak menitikberatkanpada nilai tapi juga menunjukkan bagaimana kemampuan instansipemerintah dalam melakukan penggunaan anggaran. Ini akanmemudahkan pertanggungjawaban dalam pemberian pelayanan dankemanfaatan bagi masyarakat. Selain itu juga mendorongkemampuan pemerintah daerah dalam meningkatkan efektivitas danefisiensi penggunaan anggaran, jelas Gubernur.

Guna diketahui, evalusi SAKIP dilaksanakan sesuai amanatPeraturan Pemerintah (PP) No. 8/2006 tentang Pelaporan Keuangandan Kinerja Instansi Pemerintah dan Peraturan Presiden (Perpres)No. 29/2014 tentang SAKIP.

Pemprov Kaltara, dalam evaluasi SAKIP berada dalam wilayah II.Di wilayah ini, ada 161 pemerintah kabupaten/kota dan provinsi.Untuk evaluasi SAKIP 2019, untuk Pemprov di wilayah II, peraihpredikat B yakni Kalimantan Tengah (Kalteng), Nusa Tenggara Timur (NTT), Lampung, dan Kalimantan Barat (Kalbar).

Lalu, Pemprov peraih predikat BB yakni, Nusa Tenggara Barat (NTB), Kaltara, DKI Jakarta, Kalimantan Timur (Kaltim)dan Bali.Dan, Pemprov peraih predikat A yakni Kalimantan Selatan (Kalsel)dan Jawa Timur (Jatim).

Dilihat dari capaiannya, maka untuk regional Kalimantan, urutan peringkat predikat LHE Sakip 2019 adalah Kalsel (A), disusul Kaltara (BB), Kaltim (BB), Kalbar (B) dan Kalteng (B). Secara untuk wilayah II, Kaltara merupakan nomor 4 terbaik setelah Kalsel, Jatim, dan NTB.

Acara tahunan ini, mengangkat tema Making Change, MakingHistrory dengan sub tema, Take A Part And Keep Moving.(humas)

Comments
Loading...