Rajawali Kaltara
Rajawalikaltara.com dengan semangat baru, ingin menyajikan informasi-informasi lugas, terpercaya serta lebih akrab dengan masyarakat Kaltara.

Pemprov Ajukan 35 Usulan Titik Sumur Bor

0 363

09DE86E9 DD97 4018 AB0C 572F6DF82397TANJUNG SELOR Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kalimantan Utara (Kaltara) melalui Dinas Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) mengantungi 35 berkas usulan titik sumur bor yang dihimpun dari seluruh kabupaten dan kota yang ada. Berkas usulan tersebut akan diajukan ke Komisi VII Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) RI guna menentukan desa mana yang akan diprioritaskan untuk memenuhi kuota pembangunan sumur bor yang diberikan Kementerian ESDM pada tahun ini. Guna diketahui, pada tahun ini Kementerian ESDM menjatah Kaltara sebanyak 18 titik sumur bor.

Diungkapkan Kepala Dinas ESDM Provinsi KaltaraFerdy Manurun Tanduklangi, setelah dibahas bersama Komisi VII DPR RI, usulan yang direkomendasikan akan diterima Kementerian ESDM. Setelah itu, tim teknis dari badan geologi akan melakukan kajian. Ditargetkan, setidaknya April mendatang pembangunan sumur bornya sudah dapat dilakukan,kata Ferdy yang ditemui di ruang kerjanya, baru-baru ini. Sementara itu, sisa usulan yang belum terakomodir pada tahun ini, akan dialihkan tahun depan.

Ferdy menyebutkan, pada 2019 Kaltara berhasil merealisasikan 9 titik dari rencana 10 titik sumur bor yang dialokasikan Kementerian ESDM. Kala itu, 1 titik lokasi pengeboran, tepatnya di Desa Mara Satu, Kecamatan Tanjung Palas Barat terkendala dengan persoalan lahan. Sebagai informasi, adapun luas lahan untuk pembangunan sumur bor yakni 5 x 10 meter. Dilahan itu, bakal didirikan 3 bangunan penunjang sumur bor yaitu bangunan sumur, rumah genset dan tempat profil atau penampungan air yang berkapasitasi 500 liter. 10 titik pengeboran pada 2019, tepatnya di Kabupaten Bulungan 5 titik, Malinau 3 titik dan Tana Tidung 2 titik, urainya.

Selain bantuan Kementerian ESDM, melalui instruksi Gubernur Kaltara, Pemprov Kaltara melalui Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) 2020 akan membangun 1 titik sumur bor. Tepatnya di Dusun Antal, Desa Salimbatu, Kecamatan Tanjung Palas Tengah, Kabupaten Bulungan.(humas)

 

Comments
Loading...